Guys, Kalau Makan Jangan Buru-buru, Ini 5 Alasan Mengapa Makanan Harus Dikunyah dengan Baik! - PORTALGENZ
Berita Hari Ini
Loading...

Wednesday, June 24, 2020

Guys, Kalau Makan Jangan Buru-buru, Ini 5 Alasan Mengapa Makanan Harus Dikunyah dengan Baik!

Gambar Istockphoto


Portalgenz.com - Pernah gak sih kamu disarankan untuk makan tidak boleh buru-buru dan harus dikunyah sebanyak 32 kali. Sasaran tersebut bukan tanpa sebab ya gengs! Pasalnya hal tersebut juga menyangkut kesehatan tubuh. Untuk tahu lebih jelas, Berikut ini merupakan 5 alasan mengapa makanan harus dikunyah dengan baik, diantaranya adalah

1. Nafsu Makan Dapat Dikendalikan

Gambar Istockphoto

Kalau kamu makan dengan buru-buru berarti kamu tidak bisa mengendalikan nafsu makan. karena otak membutuhkan waktu sekitar 15020 menit untuk menerima sinyal jika kamu sudah merasa kenyang.

Nah kalau kamu bisa makan dengan perlahan maka otak bisa menyampaikan sinyal kenyang dengan baik. Dampak positifnya yaitu kamu bisa mengendalikan nafsu makan sehingga tidak berlebihan.

2. Sistem Pencernaan Dapat Berfungsi dengan Baik

Gambar Istockphoto

Dengan mengunyah makanan hingga halus, maka memudahkan sistem pencernaan untuk mencerna makanan. Kandungan mineral, asam amino dan vitamin dapat diserap tubuh dengan efisien.

Berbeda jika kamu makan dengan buru-buru, karena membuat makanan masih keras dan menyulitkan sistem pencernaan untuk mencerna makanan dengan optimal. Jadi, kalau makan jangan buru-buru ya gengs.

3. Menjaga Berat Badan agar Tidak Naik


Gambar Istockphoto


Makan dengan perlahan membuat nafsu makan dapat dikendalikan dan sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Hal tersebut tentu akan menjaga berat badan kamu agar tidak naik. Jadi buat kamu yang lagi diet selain mengatur porsi makan kamu juga harus bisa makan dengan perlahan ya gengs!

4. Terhindar dari Heartburn

Gambar Istockphoto

Kamu tahu enggak apa itu heartburn? Heartburn merupakan sensasi panas dan perih di dada akibat makan terburu-buru atau menelan makanan tanpa dikunyah dengan baik. Jadi, supaya terhindar dari kondisi ini sebaiknya kamu makan dengan perlahan.

5. Ditelan dengan Mudah

Gambar Istockphoto

Pastinya, jika makanan dikunyah dengan baik akan mudah ditelan dan tidak sakit tenggorokan. Jadi pastikan makanan yang kamu makan dikunyah dengan baik ya gengs!

Nah itulah lima alasan mengapa makanan harus dikunyah dengan baik. Meskipun terdengar sepele, ternyata mempengaruhi kesehatan tubuh.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done