Hentikan Kebiasaan Makan Es Batu! Ini Efeknya Bagi Kesehatan Tubuh - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 12 June 2020

Hentikan Kebiasaan Makan Es Batu! Ini Efeknya Bagi Kesehatan Tubuh

Gambar - pixabay.com

Portalgenz.com - Beberapa orang memiliki kebiasaan mengonsumsi es batu. Meskipun terdengar aneh, namun nyatanya banyak orang yang suka makan es batu, apakah kamu salah satunya? Kebiasaan tersebut merupakan salah satu gangguan yang biasa disebut Pagophagia. yang lebih parahnya, terdapat orang yang hanya makan es batu dan tidak makan nasi, lauk, atau makanan lainnya. Tentu saja hal tersebut membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Beberapa orang memiliki alasan tersendiri mengapa mereka mengkonsumsi es batu, dan yang paling banyak yaitu untuk menghilangkan rasa bosan atau terdapat sensasi tersendiri. Apapun alasannya itu, tentu saja makan es batu tidak baik ya genZ! So bagi kamu yang suka mengonsumsi es batu, segera hentikan sekarang juga! Atau kamu akan terkena 5 efek bahaya keseringan mengkonsumsi es batu seperti berikut,

1. Gigi Rusak

Gambar - pixabay.com

Hal ini tentu sudah jadi rahasia umum ya, di mana mengkonsumsi es batu bisa merusak gigi. Terlebih jika kamu punya es batu terlalu sering. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi enamel gigi dari rasa dingin yang menyebabkan permasalahan gigi lainnya, misalnya sakit gigi, rapuh, sakit gusi, ngilu dan lain sebagainya. Jadi, kalau kamu tidak ingin gigimu rusak sebaiknya hentikan kebiasaan makan es batu ini ya!

2. Defisiensi Zat Besi

Gambar - pixabay.com

Berdasarkan beberapa penelusuran, bahwa seseorang yang sering mengkonsumsi es batu merupakan orang yang kekurangan zat besi. Lho kok bisa? Yaps, karena penderita anemia tidak mempunyai zat besi yang cukup dalam darah mereka. Sehingga sel-sel darah merah tidak bisa membawa oksigen yang cukup.

Lalu para peneliti pun percaya jika mengonsumsi es batu bisa memicu efek anemia defiensi besi yang akan mengirimkan darah lebih banyak ke otak. Namun, untuk memastikan zat besi dalam tubuh terpenuhi, Anda bisa melakukan diet untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

3. Terasa Mual

Gambar - pixabay.com

Apabila kamu terasa mual atau dehidrasi, mungkin kamu memiliki keinginan untuk mengkonsumsi es setiap waktu. Padahal hal tersebut bukanlah cara yang tepat, melainkan dapat merusak kesehatan tubuh. Karena apabila kamu sudah terbiasa mengunyah es batu hal tersebut cukup sulit dihilangkan.

Sebaiknya kamu pergi ke dokter jika merasakan mual atau dehidrasi. Kamu bisa mengkonsultasikannya, serta meminta saran untuk mengatasi hal tersebut.

4. Hilang Selera Makan

Gambar - pixabay.com

Efek selanjutnya akibat mengonsumsi es batu terlalu sering yaitu hilangnya selera makan. Meskipun terdengar sepele, namun jika dibiarkan berakibat fatal dan lebih parah. Di mana orang yang makan es batu tersebut tidak ingin mengonsumsi makanan lainnya, sehingga membuat kesehatan tubuh menjadi buruk.

5. Tubuh Jadi Lemah

Gambar - pixabay.com

Seperti yang sudah diketahui bahwa keseringan mengunyah es batu bisa menghilangkan selera makan. Maka jangan heran bila tubuh menjadi lemah dan lebih mudah terserang penyakit. So, mulai dari sekarang hindari kebiasaan mengunyah es batu!

Itulah 5 efek buruk mengunyah es batu terlalu sering untuk kesehatan tubuh. Mulai sekarang, kita harus bisa menghentikannya supaya kesehatan terjaga.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done