Idol Tercekik, Ini Alasan Netizen Harus Hentikan Komentar Jahat - PORTALGENZ
Berita Hari Ini
Loading...

Monday, June 15, 2020

Idol Tercekik, Ini Alasan Netizen Harus Hentikan Komentar Jahat

portalgenz.com
Image source: hallyulfe.com
Menjadi seorang idola bukan tugas yang mudah. Mungkin kamu tak pernah membayangkan sebelumnya, namun banyak hal mengerikan dalam aspek industri K-Pop yang selalu mereka dapatkan. Menyapa karir mereka yang melonjak setiap waktunya, ada beribu tantangan yang harus mereka hadapi untuk terus berdiri tegak. 

Banyak yang menyebut bahwa menjadi seorang idola sama dengan melakukan ‘dealing’ dengan komentar jahat. Meski sama-sama manusia, namun banyak orang di luar sana menuntut kesempurnaan dari seorang idola. Bukankah hal ini sangat buruk dan mengerikan? Kehidupan para idola banyak dikomentari terutama sisi visual mereka.

Tindakan buruk selalu menghasilkan yang buruk. Bahkan saat ini kita hidup pada zaman di mana seseorang dapat menuai petaka hanya dari komentar dan kalimat yang mereka sebar di media sosial. Mengapa hal ini sangat perlu untuk dihentikan? Berikut alasannya.

1. Kesehatan Mental Para Idola

portalgenz.com
Image source: koreaboo.com
 Bahkan sejak dulu hal ini selalu menjadi hal yang terus membuat sejumlah idola khawatir. Para idol banyak berbicara tentang luka yang mereka dapatkan karena beberapa netizen meninggalkan komentar jahat. Salah satunya adalah Solar MAMAMOO yang pernah diserang netizen dengan komentar jahat karena ia kedapatan tak menggunakan make-up (bare face) di bandara. Visual Solar disoroti banyak orang saat itu.

Seperti yang sudah bisa kamu tebak, sejumlah netizen meninggalkan komentar jahat yang merusak visual Solar. Menanggapi ini, Solar hanya bisa tertawa tanpa bisa berbuat apapun. Meski begitu, Solar mengaku dirinya benar-benar terluka oleh hal semacam ini. “Aku benar-benar terluka, dan aku ssangat terkejut dengan foto itu,” jujur Solar.

Komentar jahat yang mengarah pada visual idol juga sempat mengganggu Umji GFRIEND. Ia bahkan menjadi incaran netizen selama beberapa tahun. Netizen melangkah terlalu jauh dan membuat Umji menangis di titik terendahnya. Ia terlihat menyembunyikan wajahnya selama pertunjukan dan menghindari kerumunan. Mental mereka benar-benar ditempa dengan komentar jahat yang kadang tak berdasar sama sekali. 

2. Potensi untuk Melukai Orang Lain

portalgenz.com
Image source: jawapos.com
Komentar jahat netizen tak hanya melukai hati sang idola saja, namun hal ini juga membawa dampak besar bagi orang lain, termasuk orang-orang terdekat mereka. Masih ingat saat Chaeryeong ITZY sempat dihujani sejumlah komentar jahat mengenai visualnya dalam grup tersebut? Bukan hanya Chaeryeong yang tersakiti, bahkan Ibu yan melahirkannya pun amat sangat merasakan apa yang putrinya rasakan. Ia secara pribadi meminta agar netizen berhenti meninggalkan komentar jahat tentang putrinya.

3. Tindakan Ekstrem yang Ditempuh Idol

Image source: koreanarea.com

Mendapati berbagai komentar jahat yang terasa tak ada habisnya beberapa kali pernah mendorong sejumlah idol melakukan hal ekstrem di luar kendali mereka. Salah satunya adalah Mina Gugudan yang selalu digempur dengan kritik keras netizen karena ia dinilai ‘kelebihan berat badan’. Mina akhirnya mencoba diet yang berbahaya hingga kelaparan untuk menurunkan berat badannya.

Hyojung Oh My Girl juga menjadi salah satu idol K-Pop yang kehilangan berat badan dalam waktu singkat karena komentar jahat. Kehilangan berat badan dalam waktu yang sangat singkat amat sangat berbahaya dan membawa  dampak buruk juga bagi mental orang tersebut. Apa mereka benar-benar harus melakukan hal seperti itu?

4. Mendorong untuk Melakukan ‘Oplas’

Sudah jelas, komentar keras terkait visual tak akan bisa dipisahkan dari seorang idol. Akibatnya, sejumlah idol bahkan memilih jalan operasi plastik untuk mendapat bentuk tubuh yang lebih baik. Tidak ada yang salah dengan operasi plastik, namun miris rasanya jika hal ini mereka lakukan untuk menyenangkan banyak orang.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done