Jangan Anggap Remeh, Kaki Kesemutan Bisa Menandakan 5 Penyakit Ini - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Saturday, 13 June 2020

Jangan Anggap Remeh, Kaki Kesemutan Bisa Menandakan 5 Penyakit Ini

Gambar - istockphoto

Portalgenz.com - Setiap orang tentu pernah merasakan kaki kesemutan. Penyebabnya pun sepele misalnya karena terlalu lama berlutut, bersila, menekan kaki di satu posisi dalam waktu yang lama dan lainnya. Meskipun begitu kamu tidak boleh menganggap sepele kaki kesemutan.

Kesemutan biasanya terjadi dalam waktu yang sebentar, jika terjadi dalam jangka waktu yang lama bisa jadi hal tersebut menandakan penyakit. Berikut ini merupakan lima penyakit yang ditandai dengan gejala kesemutan diantaranya adalah,

1. Stroke

Gambar - istockphoto

Stroke bisa ditandai dengan kaki kesemutan? Yaps karena kolesterol tinggi bisa menyebabkan sumbatan di pembuluh darah dan gejala yang bisa dirasakan kesemutan dalam waktu panjang. Biasanya para penderita stroke mengalami kesemutan di satu sisi saja bersamaan dengan gangguan saraf seperti pandangan kabur, tubuh lumpuh setelah, kehilangan keseimbangan. Jadi, kamu jangan menganggap remeh kesemutan lagi ya! Terlebih bila terjadi dalam waktu yang panjang.

2. Diabetes Mellitus

Gambar - istockphoto


Penderita diabetes biasanya sering mengalami gangguan saraf, mulai dari gejala ringan sampai parah. Makanya kamu jangan heran kalau kesemutan berkepanjangan bisa menandakan penyakit diabetes. Selain itu penderita diabetes juga sering merasakan kram dan kebas di bagian tubuh tertentu.

Gejala kesemutan yang menandai penyakit diabetes biasanya dimulai dari telapak kaki lalu menjalar ke bagian atas kaki. Setelah itu, kesemutan ini juga biasanya berlanjut ke bagian telapak tangan dan lengan

3. Gagal Ginjal

Gambar - pixabay.com


Penyakit yang perlu kamu waspadai ketika terjadi gejala kesemutan berkepanjangan, yaitu gagal ginjal. Gagal ginjal sendiri merupakan kondisi dimana ginjal tidak bisa menyaring darah. Penyakit ini merupakan komplikasi dari diabetes, makanya jangan heran kalau keluhan yang dirasakan yaitu kesemutan.

Kondisi kesemutan yang menandai penyakit gagal ginjal biasanya disertai dengan kadar urine berkurang, mual, kram, otot berkedut, mudah lelah dan otot lemah

4. Carpal Tunel Syndrome (CTS)

Gambar - istockphoto

Penyakit ini biasa disebut dengan sindrom terowongan karpal, yaitu keadaan dimana terjadi kesemutan pada bagian tangan. Kondisi ini dapat terjadi dikarenakan terdapat saraf kejepit di pergelangan tangan.

Kesemutan yang menandai penyakit CTS biasanya disertai dengan nyeri di jari tengah, jari manis dan jari kelingking, serta sensasi terbakar di ibu jari dan jari tengah.

5. Kekurangan Vitamin

Gambar - istockphoto


Kesemutan yang identik dengan gangguan saraf juga bisa menandai bahwa kamu kekurangan vitamin. Salah satunya kamu kekurangan vitamin B12 dimana hal tersebut menyebabkan kerusakan saraf semakin parah. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mengkonsumsi asupan yang mengandung vitamin agar tubuh tetap sehat. Jika dibiarkan, hal tersebut bisa menyebabkan komplikasi yang lebih parah, seperti mengalami kelelahan, pusing dan pembesaran hati.

Itulah 5 penyakit yang ditandai dengan kesemutan. Jadi, sebaiknya kamu tidak menyepelekan kondisi ini lagi ya gengs. Bila terjadi kesemutan berkepanjangan kamu bisa berkonsultasi dengan dokter.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done