Kamu Punya Rencana Membeli Rumah? Perhatikan Tips-Tips Berikut - PORTALGENZ
Berita Hari Ini
Loading...

Wednesday, June 24, 2020

Kamu Punya Rencana Membeli Rumah? Perhatikan Tips-Tips Berikut

Foto : unsplash.com

Portalgenz.com - Untuk yang baru saja menikah, tentu rumah merupakan suatu hal yang penting. Bahkan banyak yang bilang sebaiknya punya rumah sendiri, dan hidup bersama keluarga kecil daripada harus merepotkan orang tua. Namun membeli rumah pun juga gampang-gampang susah dan membutuhkan waktu yang lumayan lama ya gengs.
Tapi sebelum membeli rumah, ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan. Jika kamu sudah menemukan rumah yang cocok untukmu dan keluarga, pastikan rumah tersebut memiliki dokumen yang lengkap. Selain itu juga masih banyak tips-tips lain yang perlu diperhatikan, seperti dibawah ini!
Pilih Rumah yang Sesuai Dengan Kemampuan Keuanganmu
Tips pertama ketika akan membeli rumah, yakni jangan terburu-buru dalam membeli dan memilihnya. Kamu cek dulu rumah tersebut, lalu lihat apakah cocok dengan kemampuan keuangan. Serta pastikan harga yang ditawarkan sudah mencakup keseluruhan.

Foto : unsplash.com
Kamu juga perlu melakukan riset harga dan memperhatikan kapan waktu yang pas untuk membeli rumah. Sehingga nantinya kamu bisa mengecek dahulu pasar properti, karena waktu yang tepat untuk membeli rumah adalah saat bunga pinjaman sedang turun.
Kondisi Rumah Baru Perlu di Periksa
Disaat akan membeli rumah baru, tentu kamu akan diajak untuk keliling rumah. Disaat itulah kita harus bisa manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Periksalah seluruh sisi sampai sudut rumah dengan baik. Cek juga kondisi bangunanya, apakah masih kuat atau terdapat kerusakan kecil tertentu.
Foto : unsplash.com
Kamu juga perlu mengecek saluran airnya apakah masih berfungsi dengan baik. Jika memang terlihat ada kecacatan, saat itulah kamu memiliki kesempatan untuk bisa bernegoisasi kepada penjual. Nah, kamu pun nantinya bisa mendapatkan potongan harga, atau penjual akan memperbaiki kecacatan tersebut.
Perhatikan Sekitar Lingkungan dan Keamanan Rumah Baru
Tips ketiga dalam membeli rumah ini juga cukup penting untuk menjadi bahan pertimbanganmu, ketika membeli rumah baru. Kamu perlu perhatikan di sekitar rumah baru, apakah keadaanya kondusif untuk dijadikan rumah hunian. Apalagi dalam hal keamanan, itu juga satu hal yang sangat penting ya gengs.
Jika kamu merupakan pasangan muda yang memiliki anak kecil, maka disarankan untuk memilih rumah di kawasan perumahan. Karena biasanya perumahan akan lebih aman, sebab ada cctv disetiap sudut jalan dan juga ada satpam yang siap siaga 24 jam.

Foto : unsplash.com
Periksa Lokasinya
Tips terakhir ketika membeli rumah, yakni memeriksa lokasi. Biasanya lokasi rumah yang jauh dari pusat kota harganya relatif murah. Kamu pastikan untuk melihat lokasinya, apakah dekat dengan jalan utama? Apakah mudah untuk mengakses tempat perbelanjaan?
Jika rumah barumu ternyata jauh dari tempat kerja, perkirakan juga berapa ongkos yang dibutuhkan. Apabila ongkos memang terlalu banyak, sebaiknya kamu pilih rumah lain yang tidak terlalu jauh.
Gimana nih guys? Semoga informasi di atas cukup membantu ya. Pertimbangkan semua faktor di atas dengan matang, jangan tergesa-gesa. Semoga bermanfaat!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done