Kamu Sering Pusing? Kenali 5 Penyebab Sering Pusing - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 30 June 2020

Kamu Sering Pusing? Kenali 5 Penyebab Sering Pusing

Source: pixabay.com
Portalgenz.com - Pernah gak sih kamu merasa pusing, padahal hanya di rumah saja. Pasalnya pusing merupakan gejala umum yang sering dirasakan oleh hampir setiap orang. Meskipun terkesan biasa, namun kamu harus tetap waspada ya. Karena pusing juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengetahui lebih lanjut, Berikut ini merupakan 5 penyebab pusing beserta penjelasannya, yaitu:

1. Tekanan Darah Rendah

Source: pixabay.com
Ternyata tekanan darah rendah dapat mengakibatkan kondisi pusing, kelelahan dan sakit kepala ringan. Untuk mengatasinya, ada beberapa jenis makanan atau obat yang bisa meningkatkan tekanan darah. Misalnya dengan meningkatkan asupan garam serta memenuhi cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup.

2. Cemas dan Stres

Source: pixabay.com
Bisa saja pusing yang kamu rasakan karena kamu sedang stress atau cemas. Memang tidak bisa dipungkiri jika pekerjaan yang menumpuk, menjelang ujian atau banyaknya masalah hidup bisa memicu kondisi seperti ini. Namun kamu tidak boleh cemas berlebihan karena menyebabkan pusing.

Untuk mengatasinya yaitu dengan beristirahat dan menenangkan diri. Dengan begitu, mual, kepala pusing dan keringat dingin bisa diatasi.

3. Terlalu Lama Menatap Layar Monitor

Source: pixabay.com
Ternyata terlalu lama menatap layar monitor seperti HP, TV ataupun komputer bisa menyebabkan pusing loh. Sehingga kamu harus mengurangi kebiasaan ini ya. Kalaupun karena urusan pekerjaan, cobalah untuk sisihkan setiap 5-10 menit setiap 1 jam untuk beristirahat. Lakukan dengan mata terpejam atau memandang ke luar jendela yang bikin segar kembali.

4. Anemia

Source: pixabay.com
Hal ini mungkin sudah jadi rahasia umum ya, kalau anemia bisa menyebabkan pusing. Anemia sendiri merupakan penyakit kekurangan darah merah. Nah seperti yang kita tahu, sel darah merah tersebut berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh organ serta jaringan tubuh. Sehingga ketika kekurangan sel darah merah maka fungsi tubuh tidak akan bekerja dengan optimal.

anemia bisa dipicu beberapa kondisi seperti, defisiensi nutrisi pendarahan dan gagal sumsum tulang. Untuk mengatasi kondisi ini kamu bisa memenuhi kebutuhan sel darah merah dengan menjaga asupan dengan baik.

5. Migrain


Source: pixabay.com


Ga tanggung-tanggung, sakit kepala migrain bisa bikin kepala berdenyut selama beberapa jam bahkan beberapa hari. Selain pusing beberapa gejala lain migrain yaitu mual, badan lemas, dan muntah. Jika kamu memiliki riwayat migrain, ada baiknya untuk mengurangi alkohol, olahan susu dan kafein.

Itulah 5 penyebab sering pusing. Jadi kamu harus selalu jaga kesehatan dan kebiasaan yang baik ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done