Kenali 5 Manfaat Daun Kemangi - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 30 June 2020

Kenali 5 Manfaat Daun Kemangi

Source: pixabay.com

Portalgenz.com - Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya daun kemangi digunakan untuk lalapan makanan. Selain itu, daun yang memiliki aroma wangi ini bisa dijadikan sebagai obat herbal. Tapi, tahu nggak sih ternyata daun kemangi memiliki beragam manfaat kesehatan untuk tubuh loh, mulai dari menyehatkan kulit, membantu sistem pencernaan hingga membantu cepat hamil.

Nah, ungu mengetahui lebih jelas, berikut ini kami telah merangkum 5 manfaat daun kemangi untuk kesehatan, diantaranya yaitu:

1. Mengatasi Bau Mulut

Source: pixabay.com

Pastinya semua orang tidak ingin memiliki mulut yang bau. Karena selain mengganggu kenyamanan, juga bikin tidak percaya diri. Tapi tahukah kamu, ternyata daun kemangi yang wangi ini dapat mengatasi bau mulut. Kamu hanya perlu mengkonsumsi daun ini, setelah itu kuman penyebab bau mulut yang bersarang di gigi dan lidah akan musnah.

Kamu juga bisa mencampurkan kan daun kemangi dengan sedikit madu. Caranya yaitu rebus daun kemangi dalam air, lalu tiriskan rebusan air tersebut dan tambahkan madu. Ramuan penghilang bau mulut pun bisa kamu coba.

2. Meningkatkan Selera Makan

Source: pixabay.com

Daun kemangi sangat cocok bagi kamu yang tidak nafsu makan. Pasalnya daun ini dapat meningkatkan selera makan. Hal itulah yang membuat daun ini seringkali dijadikan lalapan makanan di beberapa daerah, mulai dari Jawa barat, Jawa timur hingga Medan. Karena daun ini memiliki aroma yang khas untuk meningkatkan nafsu makan.

3. Mengontrol Minyak di Wajah

Source: pixabay.com

Ternyata daun kemangi sangat bermanfaat untuk mengontrol minyak di wajah. Dengan begitu, kamu bisa menghalangi tumbuhnya jerawat di muka mu. Karena antioksidan dan antibakteri dalam daun kemangi dapat menjaga wajah agar tetap bersih dan bebas dari pori-pori yang besar.

Nah, jadi daripada membeli skincare yang gak jelas, lebih baik kamu menggunakan daun kemangi. Caranya yaitu campurkan daun kemangi dengan pasta cendana dan air mawar lalu tumbuk hingga halus. Oleskan di wajah selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

4. Menjaga Kadar Gula Darah

Source: pixabay.com

Pernyataan daun kemangi yang beraroma wangi ini dapat menjaga kadar gula darah serta mengobati penyakit diabetes. Para ahli terapi juga menyarankan untuk mengkonsumsi daun kemangi dengan rutin, minimal dua hari sekali.

5. Menyehatkan Organ Reproduksi Wanita

Source: pixabay.com

Daun kemangi juga berhasiat untuk organ reproduksi wanita. Daun ini juga disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu yang mengikuti program hamil. karena daun kemangi memiliki senyawa kimia yang baik untuk melepas hormon pertumbuhan pada uterus dan melancarkan proses pembuahan.

Itulah 5 manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat ya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done