Lagi Diare ? Kamu Wajib Tahu Penyebabnya Gengs ! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Monday, 1 June 2020

Lagi Diare ? Kamu Wajib Tahu Penyebabnya Gengs !

Alodokter.com

Portalgenz.com - Sepertinya, hampir setiap orang pernah merasakan sakit diare dalam hidupnya. Penyakit diare sendiri merupakan salah satu gangguan pencernaan yang disebabkan karena beberapa penyebab. Penyakit ini tidak boleh dibiarkan ya, karena bisa meningkatkan risiko terjadinya komplikasi terhadap kesehatan.

Nah, untuk mencegah terjadinya penyakit diare, kamu harus mengetahui beberapa penyebab penyakit ini terlebih dahulu, diantaranya sebagai berikut,

1. Terinfeksi Bakteri


Diare merupakan penyakit pencernaan yang menyebabkan Kamu BAB berulang kali dan mencret. Penyebab penyakit ini yaitu karena terinfeksi bakteri pencernaan seperti Escherichia coli (E. coli), Salmonella, serta Shigella.

Bakteri ini masuk melalui konsumsi makanan dan minuman yang tidak bersih, serta makanan yang tidak matang sempurna. Selain itu, kamu juga bisa tertular dari penderita secara langsung. Terlebih ketika imunitas kamu turun, maka bakteri akan lebih mudah menginfeksi.

2. Efek Samping Obat Tertentu


Bagi sebagian orang, ada yang merasakan efek samping obat tertentu menjadi penyebab penyakit diare. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Meskipun antibiotik merupakan obat yang berguna untuk membunuh bakteri, namun obat ini tidak bisa membedakan antara bakteri baik serta bakteri jahat dalam tubuh. Akibatnya, koloni bakteri baik yang ada dalam usus mengalami ketidakseimbangan dan menyebabkan diare.

3. Kondisi Kesehatan


Ada beberapa penyakit yang menjadi penyebab diare seperti penyakit hipertiroidisme, Addison, diabetes, pankreatitis kronis dan lainnya. Jika kamu mengalami kondisi tersebut, jangan lupa untuk berkonsultasi pada dokter ya! Sehingga bisa diatasi dengan baik dan sesuai dengan kondisi.

4. Minum Alkohol


Alkohol merupakan minuman yang tidak baik bagi tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya diare. Dalam jumlah yang sedikit, alkohol bisa memicu usus bergerak lebih cepat dalam mencerna makanan sehingga, setelah usus besar tidak maksimal dalam menyerap. Sehingga, feses memiliki tekstur yang encer.

5. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Tidak Sehat


Karena diare merupakan penyakit pencernaan, maka salah satu penyebabnya yaitu mengkonsumsi makanan tidak sehat. Beberapa jenis makanan yang menjadi penyebab diare, diantaranya yaitu, makanan pedas, susu dan keju, makanan bergula, makanan berlemak. Adapun minuman yang menyebabkan diare yaitu coklat, teh, soda, kopi.

Itulah 5 penyebab penyakit diare yang harus kamu ketahui. Jika kamu terkena penyakit ini, sebaiknya segera diatasi agar tidak terjadi infeksi yang lebih parah.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done