Masak Sendiri Ayam Goreng Krispi ala KFC Dirumah Yuk! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, 11 June 2020

Masak Sendiri Ayam Goreng Krispi ala KFC Dirumah Yuk!

Foto: idntimes.com

Portalgenz.com – Siapa yang tidak suka ayam goreng KFC? Sobatgenz pasti juga salah satu penggemar setia ayam krispi cepat saji ini kan? Ayam yang empuk berpadu dengan lapisan tepung yang crunchy dan kaya rempah ini pasti jadi favorit hampir setiap orang. Maka tak heran jika hampir setiap gerai KFC selalu dipadati oleh pelanggan setiap harinya.

Tapi sobatgenz pernah terpikir gak sih, kenapa yaa ayam goreng KFC bisa seenak dan serenyah itu? Sebenarnya kunci dalam membuat ayam goreng krispi ini adalah pada tepung dan proses pembuatannya aja kok! Jadi sebenarnya sobatgenz pun juga bisa membuat ayam goreng krispi ala KFC sendiri dirumah, asalkan memperhatikan poin-poin yang sudah disebutkan tadi. Jadi penasaran ingin mencoba sendiri dirumah? Dilansir dari resepkoki.co, simak baik-baik resep ayam goreng krispi ala KFC dibawah ini yaa!

Bahan-bahan
1 kg ayam, potong-potong
1 sdt bubuk bawang putih
1 sdt lada halus
¼ sdt bubuk cabe merah kering
½ sdt garam halus
Minyak untuk goreng

Bahan Pelapis Cair
300 ml air dingin / air es
300 gram tepung terigu tinggi protein
40 gram tepung maizena
½ sdm susu bubuk
1 butir kuning telur
½ sdt baking soda
½ sdt garam halus
½ sdt lada halus

Bahan Pelapis Kering
400 gram tepung terigu tinggi protein
100 gram tepung maizena
½ sdt baking soda
1 sdt bubuk kaldu instan rasa ayam
1 sdt bubuk bawang putih
¼ sdt garam halus
¼ sdt bubuk cabe (optional jika ingin rasa ayam pedas)

Cara Membuat
  1. Pelapis Cair: Campur tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, baking soda, lada, dan garam, lalu aduk rata. Setelah itu masukkan kuning telur dan air sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga tercampur rata. Simpan di dalam kulkas atau tempat yang dingin.
  2. Pelapis Kering: Campur semua bahan pelapis kering, lalu aduk rata. Setelah itu sisihkan
  3. Bumbui potongan ayam dengan lada, garam, bawang putih bubuk, dan cabe merah bubuk, lalu aduk rata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap.
  4. Gulingkan potongan ayam ke dalam pelapis kering hingga seluruh permukaan terselimuti tepung. Celupkan ke dalam pelapis cair dan gulingkan kembali ke dalam pelapis kering sambil diremas-remas. Lakukan hingga 2 kali bila ingin ayam yang ekstra kriuk. Lakukan lagi cara ini hingga seluruh ayam telah terselimuti tepung.
  5. Panaskan minyak, lalu goreng ayam di dalam banyak minyak dengan panas api sedang. Setelah minyak panas, masak ayam hingga matang berwarna kuning kecokelatan dan kering.
  6. Angkat ayam yang sudah matang dan tiriskan. Ayam goreng ala KFC siap dihidangkan.
Foto: cookpad.com

Bagaimana, tidak sulit kan membuat ayam goreng krispi ala KFC? Asalkan memperhatikan resep di atas, dijamin ayam goreng krispi yang dibuat antigagal kok! Oiya, ketika menggoreng ayam, disarankan untuk menggunakan teknik deep frying atau menggunakan minyak yang banyak hingga ayam terendam semua ke dalam minyak yaa. Hal ini dilakukan agar ayam tergoreng merata dan renyah. Kalau begitu, selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done