Masker Kain Udah Dipakai Seharian? Jangan Lupa Cuci yang Benar Gengs! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 19 June 2020

Masker Kain Udah Dipakai Seharian? Jangan Lupa Cuci yang Benar Gengs!

Foto : unsplash.com

Portalgenz.com - Di masa pandemi ini, kita diharuskan selalu menggunakan masker saat hendak keluar rumah. Hal ini membuat stok masker semakin sedikit setiap harinya. Jadi lebih disarankan kalian memakai masker yang terbuat dari bahan kain ya gengs. Karena masker kain sangat ekonomis, dan juga dapat dipakai berkali-kali.
Nah daripada gonta-ganti masker yang belum tentu mudah didapat, maka dengan menggunakan masker kain ini kalian bisa mencucinya dan menggunakannya lagi. Jangan lupa untuk menyetok beberapa masker kain, agar kalian bisa menggunakan yang lain saat maskermu sedang dicuci.
Untuk mencuci masker kain juga tidak boleh sembarangan loh guys. Coba simak step by step berikut!
Cuci Setiap Hari Dengan Air Hangat
Cara mencuci masker kain pertama, yakni pastikan dulu jika kamu mencucinya setiap hari. Karena pasti ada banyak bakteri, kuman, dan mungkin saja juga terdapat virus yang menempel pada maskermu. Apalagi jika masker tersebut selalu dipakai seharian penuh, tanpa jeda sedikit pun.
Nah kamu bisa mencuci dengan mesin atau manual, asalkan mencucinya dengan air hangat. Mengapa menggunakan air hangat? Karena air hangat mampu membunuh organisme pada suhu 60° celcius.

Foto : unsplash.com
Cuci Dengan Detergen atau Disinfektan
Cara cuci masker kedua, yakni jika kamu memilih mencuci masker kain dengan mesin, maka kamu bisa menggunakan sabun detergen. Cuci masker kurang lebih selama 30 menit, noda akan hilang dan kuman bakteri akan terbunuh.
Lalu untuk yang mencuci dengan cara manual, sebaiknya cucilah dengan menggunakan disinfektan. Setelah masker kamu kucek, kemudian letakanlah di dalam wadah yang berisi campuran disinfektan, dengan air kurang lebih selama 30 menit.
Gunakan Cahaya Matahari Untuk mengeringkan Maskermu
Tips cuci masker ketiga, yakni sebaiknya kamu mengeringkan masker langsung dengan cahaya matahari. Karena sinar matahari memiliki kelebihan sendiri, yaitu mampu membunuh mikroorganisme.
Oleh karena itu mengapa kita dianjurkan untuk berjemur, karena terik matahari mampu mematikan bakteri dan virus ya gengs!
Simpanlah Maskermu Di Tempat Yang Kering

Foto : unsplash.com
Terakhir setelah masker sudah kering, jangan langsung kamu pakai ya gengs. Sebaiknya kamu simpan dulu ditempat yang benar-benar kering. Jangan sekali-sekali kamu menaruhnya di tempat yang basah dan lembab. Karena tempat seperti itu sangat disukai oleh bakteri. Kalau begitu percuma kan kamu mencuci masker kainmu dengan bersih sekalipun?
Semoga tips-tips di atas ini bisa berguna untuk kalian. Nggak perlu boros masker, apalagi masker lagi susah didapat dan harganya nggak murah ya gengs. Sebaiknya belilah beberapa masker kain dan jangan lupa cuci setelah dipakai, agar bisa digunakan lagi. Semoga bermanfaat!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done