Mau Liburan Tapi Minim Budget? Simak 5 Tips Ini! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, 18 June 2020

Mau Liburan Tapi Minim Budget? Simak 5 Tips Ini!

Portalgenz.com – Liburan memang jadi kegiatan yang paling dinantikan setelah terlalu larut dengan padatnya aktivitas sehari-hari. Apalagi setelah diberlakukannya new normal ini, pasti sobatgenz sudah gak sabar ingin liburan setelah pandemi ini berakhir kan? 

Eits, tapi tahan dulu. Sambil menunggu kondisi pandemi Covid-19 ini berakhir, mending sobatgenz ketahui dulu tips liburan dengan budget minim agar dapat berlibur tanpa menguras dompet. Penasaran? Langsung aja yuk simak 5 tips liburan minim budget tapi tetap bisa liburan dengan maksimal dibawah ini!

1. Membuat Itinerary

Foto: wehearit.com 

Ini dia salah satu poin terpenting yang harus kamu lakukan demi terhindar dari liburan yang boros. Hal pertama yang harus sobatgenz lakukan adalah membuat itinerary atau rencana perjalanan dengan detail. Sobatgenz bisa membuat itinerary dengan melakukan pencarian di internet, sekiranya wisata apa saja yang harus dikunjungi dengan biaya masuk yang murah, hotel apa saja yang bagus tetapi berharga miring, sampai wisata kuliner apa saja yang wajib didatangi dengan harga merakyat. 

Setelah itu dibuat list wisata-wisata apa saja yang akan didatangi, lengkap dengan hari dan jamnya. Akan lebih bagus lagi jika wisata-wisata yang ingin dikunjungi dapat ditempuh dengan transportasi umum agar lebih menekan budget kamu gengs!

2. Budgeting

Foto: budgetbakers.com

Setelah membuat itinerary, selanjutnya sobatgenz wajib menentukan budget pengeluaran dengan rinci ketika merencanakan suatu perjalanan. Budgeting tentunya disesuaikan dengan itinerary yang dibuat. Jangan sampai rencana liburan yang dibuat malah melebihi anggaran keuangan yang kamu punya gengs. Mengatur keuangan sebelum berlibur penting banget demi mencegah mengeluarkan uang yang tidak perlu, dan lebih terarah dalam merencanakan liburan. 

3. Pesan Tiket dari Jauh-Jauh Hari

Foto: weheartit.com

Harga ketika memesan tiket dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan tentunya jauh lebih murah ketika memesan tiket mendadak, terutama untuk hotel serta transportasi menuju daerah yang kamu tuju. Disarankan ketika sudah fiksasi dengan itinerary dan tanggal berlibur sobatgenz, langsung cek dan pesan tiket ya!

4. Hindari Peak Season

Foto: liputan6.com

Karena di musim ini biasanya jauh lebih banyak orang yang berlibur, maka sebaiknya hindari berlibur pada saat peak season atau musim liburan yaa gengs! Sebaiknya rencanakan liburan pada saat low season saja. Selain harga tiket yang biasanya lebih murah, biasanya pengunjung yang datang ke tempat wisata lebih sedikit. Sobatgenz bisa lebih mengeksplor tempat wisata yang dituju tanpa khawatir tanpa gangguan keramaian dari pengunjung-pengunjung lain.

5. Rajin Mencari Promo

Foto: videohive.net

Tips lainnya yang juga dapat membantu perjalanan sobatgenz lebih hemat adalah dengan mencari berbagai promo diskon ataupun cashback. Biasanya banyak sekali penawaran promo yang ditawarkan, mulai dari tempat wisata, transportasi, hingga hotel. Kalau dihitung-hitung, perbedaan harganya lumayan lho gengs!

Nah, itu dia 5 tips yang bisa kamu terapkan agar liburan kamu dapat meminimalkan budget, tetapi tetap liburan secara maksimal gengs! Jadi bagaimana nih, sudah tentukan rencana perjalananmu belum?

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done