Mau Tahu Cara Merawat Rambut untuk Para Hijabers? Simak Berikut! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 5 June 2020

Mau Tahu Cara Merawat Rambut untuk Para Hijabers? Simak Berikut!

Foto : unsplash.com
Portalgenz.com – Sebagian wanita, pasti pernah merasa kurang nyaman saat memakai jilbab, hal itu disebabkan karena terkadang cuaca yang panas membuat kita gerah. Sehingga menyebabkan kulit kepala kita pun berkeringat, kemudian mudah merasa gatal.
Nah meskipun rambut tertutup oleh jilbab, tapi kamu tetap wajib merawatnya ya gengs! Sebab hal tersebut justru membutuhkan perawatan khusus, agar rambut tetap sehat dan fresh.
Apalagi jika terlalu sering terkena terik matahari, membuat kepala dan badan berkeringat. Itu yang menjadi penyebab utama rambut jadi mudah gatal. Ada beberapa cara nih untuk merawat rambutmu, supaya tetap sehat dan nggak terasa gatal ketika memakai jilbab. Simak berikut!
1. Jangan Memakai Jilbab Saat Rambutmu Masih Basah
Jika rambutmu masih basah, maka biarkan saja terlebih dahulu, atau keringkan. Sebab bila kamu tutup dengan menggunakan jilbab, maka kulit kepala akan menjadi lembab. Dengan begitu jamur dan bakteri akan muncul.
Jamur dan bakteri ini bisa membuat kepalamu gatal lho gengs. Jadi tips pertama merawat rambut untuk para hijabers, yakni keringkan rambut. Usahakan selalu sedia hair dryer agar kering lebih cepat. Namun bila tidak ada, maka uraikan dulu rambut hingga benar-benar kering!

Foto : unsplash.com

2.
Tali Rambutmu jangan Terlalu Kencang
Jika kamu menali rambutmu terlalu kencang, bisa membuat folikel rambutmu jadi lebih tegang. Sehingga menyebabkan kerusakan pada akar rambut dan mengurangi kelembaban rambut.
Jika kelembapan rambut hilang, kulit kepala pun menjadi kering, dan itu juga bisa menyebabkan rambutmu menjadi gatal. Maka tips kedua merawat rambut untuk para hijabers, yakni pakailah ikat rambut yang pas, supaya terasa lebih nyaman.
3. Bahan Hijab Juga Diperhatikan
Kenapa tips merawat rambut untuk para hijabers harus memperhatikan bahan jilbab? Sebab jika cuaca sedang panas, sebaiknya jangan memakai jilbab yang terlalu tebal. Agar kulit kepala tidak terlalu pengap, sebab rambut juga membutuhkan udara ya gengs.

Foto : unsplash.com
Kamu bisa memilih bahan jilbab yang mudah menyerap. Seperti yang berbahan dasar katun contohnya. Tetapi jika kamu sedang akan menghadiri acara formal, dan ingin memperlihatkan kesan mewah, kamu bisa menggunakan jilbab berbahan sifon. Karena sifon lebih dingin dan ringan saat digunakan.
4. Gunakan Shampo dan Conditioner yang Berbahan Ringan
Tips terakhir dalam merawat rambut untuk para hijabers, yakni pakailah shampo dan conditioner ringan. Nah untuk memilih mana yang cocok, kamu pahami dulu kondisi rambutmu.

Foto : unsplash.com
Jika rambutmu cenderung kering, kamu bisa menggunakan shampo dan conditioner yang memiliki pelembab alami. Contohnya yaitu, yang mengandung minyak kelapa. Jika rambutmu berketombe, pakailah shampo anti jamur yang di dalamnya mengandung Selenium Sulfide dan Pyrithione Zinc.
Semoga penjelasan di atas bisa jadi ide buatmu, ya gengs. Rawatlah rambutmu dengan baik, karena rambut adalah mahkotamu.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done