Pakai Masker Sehari-hari Menyebabkan Iritasi? Begini cara pencegahannya! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Monday, 8 June 2020

Pakai Masker Sehari-hari Menyebabkan Iritasi? Begini cara pencegahannya!


Gambar - pixabay.com

Portalgenz.com - Semenjak adanya virus Corona, hampir semua orang mulai mengantisipasi untuk menghindari penularan penyakit tersebut, salah satunya dengan menggunakan masker ketika keluar rumah. Tapi ternyata penggunaan masker setiap hari bisa menimbulkan masalah iritasi kulit. Tentu saja hal tersebut harus kita cegah.

Orang yang mempunyai kulit sensitif lebih rentan terkena infeksi penggunaan masker setiap hari. Karena penggunaan masker terus menerus menyebabkan pergeseran kulit, sehingga lapisan kulit luar mengalami kerusakan. Bukan hanya itu masker juga bisa menghambat aliran udara ke wajah sehingga pada saat bernapas atau berkeringat, maka kelembaban akan menumpuk di dalamnya. Hal tersebut bisa memicu tumbuhnya jerawat. Mau tau cara mencegah penggunaan masker terkena infeksi? Simak artikel ini sampai habis.

1. Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Gambar - pexels.com

Supaya kulit tidak iritasi, kamu harus produk perawatan kulit yang tepat. Kalau kulit kamu kering biasanya kamu mengalami masalah seperti kulit mengelupas atau gatal. Jadi hindari produk yang mengandung alkohol agar tidak merusak lapisan kulit.

Sebelum memakai masker ada baiknya untuk menggunakan pelembab. Namun jangan gunakan pelembab cair karena itu bisa membuat kulit lebih kering. Pilihlah pelembab yang mengandung gliserin dan asam hialuronat.

Tapi kalau kamu termasuk kulit yang berminyak, jangan menggunakan make up tekstur kental seperti foundation. Pokoknya kamu bisa mengatur make up tergantung kulitmu sendiri deh.

2. Rajin Mencuci Masker

Gambar- pixabay.com


Kamu juga harus rajin-rajin mencuci masker, agar masker tetap bersih, terawat dan terjaga. Karena fungsi masker yaitu untuk melindungi kamu dari virus atau bakteri. Justru kalau masker tidak dicuci maka virus atau bakteri tersebut semakin menempel dan bisa menyebabkan iritasi. Nah mangkanya menggunakan masker sekali pakai itu lebih efisien.

Di tengah pandemi virus covid-19, persediaan masker sekali pakai terus berkurang dan sulit ditemukan. Oleh sebab itu kamu bisa menggantikannya dengan masker kain. Cuci masker terbuat secara rutin agar tidak menimbulkan masalah. Jangan menggunakan deterjen yang mengandung wewangian atau parfum karena bisa menimbulkan iritasi.

3. Pilihlah Masker Kain yang Tepat


Gambar - pixabay.com

Selain menjaga kebersihan masker kamu juga harus memilih masker kain yang tepat, di mana bahan yang digunakan aman, sesuai dan bikin nyaman. Untuk mencegah timbulnya jerawat di kulit, sebaiknya kamu menghindari masker berbahan polyester. Karena bahan tersebut bisa menjebak keringat. Tapi pilihlah bahan yang menyerap keringat seperti kapas.

Jika kamu termasuk kulit yang sensitif, maka pilihlah masker kain berbahan lembut. Kamu juga bisa membuat masker sendiri dengan menjahit bahan lembut sebagai lapisan dalam masker yang menempel di kulit.

Itulah cara pencegahan yang baik agar kulit tidak iritasi ketika menggunakan masker. Tetap gunakan masker ya guys karena masker sangat penting untuk mencegah penularan virus covid-19 ini.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done