Pecinta Ramen? Kenali Dulu 5 Jenis Ramen Jepang Ini! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 16 June 2020

Pecinta Ramen? Kenali Dulu 5 Jenis Ramen Jepang Ini!

Portalgenz.com – Siapa yang tidak suka ramen? Makanan berbahan dasar mie asal negeri matahari terbit ini tidak hanya disukai oleh orang Jepang saja, tetapi juga sudah digemari oleh mayoritas orang Indonesia. Tekstur mie yang kenyal berpadu dengan rasa gurih dari kuah ramen memang sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Maka tak heran, jika di berbagai daerah di Indonesia sekarang ini semakin mudah menemukan kedai ataupun restoran yang menjajakan ramen.

Tapi sobatgenz sadar gak sih, bahwa ramen itu ada bermacam-macam jenisnya? Jenis-jenis ramen ini memiliki ciri khas dan citarasanya masing-masing lho. Nah, berikut ini akan diulas perbedaan lima jenis ramen yang dikenal luas di Jepang. Kalau begitu simak rangkumannya dibawah ini yuk!

1. Shio Ramen
  
Foto: asianinspiration.com

Ramen jenis ini dianggap sebagai ramen dengan kaldu paling tua diantara jenis-jenis ramen lainnya. Shio memiliki arti garam, yang diartikan bahwa garam dianggap sebagai bumbu tertua yang digunakan sebagai bahan perasa pada ramen. Kaldu Shio bercitarasa gurih asin dengan warna bening kekuningan. Biasanya kaldu ini dibuat dari tulang ayam atau tulang babi, dan disajikan dengan topping rumput laut, irisan daging, telur rebus, dan jamur kuping diatasnya.

2. Shoyu Ramen

Foto: angsarap.net

Kalau Shio Ramen bisa dianggap sebagai salah satu jenis ramen tertua, kalau Shoyu Ramen bisa dianggap sebagai salah satu ramen yang paling populer. Biasanya jenis ramen inilah yang paling sering ditemui di kedai-kedai ataupun restoran ramen. 

Shoyu ramen dibuat menggunakan mie keriting dan disiram dengan kaldu yang terdiri dari kecap jepang (shoyu), sehingga menghasilkan warna kaldu yang kecokelatan. Disajikan dengan topping sayuran, telur rebus, dan potongan daging diatasnya, semangkuk Shoyu Ramen dijamin menggugah selera!

3. Miso Ramen

Foto: lindseyeatsla.com

Nah kalau ramen jenis ini adalah ramen termuda diantara jenis-jenis lainnya gengs! Miso Ramen mulai dibuat dan dikembangkan di Hokkaido pada tahun 1960. Jika kebanyakan kaldu ramen memiliki rasa asin, kuah kaldu Miso Ramen memiliki citarasa gurih manis dan kental karena terbuat dari pasta kedelai yang difermentasi. Miso Ramen biasanya disajikan dengan mie kuning yang bentuknya cukup tebal, dengan tambahan topping sayuran, telur, rumput laut, irisan daging, dan irisan jagung diatasnya.

4. Tonkotsu Ramen

Foto: communityimpact.com

Tonkotsu secara harfiah memiliki arti tulang babi. Sesuai namanya, kaldu ramen ini memang terbuat dari rebusan tulang babi yang dimasak selama kurang lebih 8 - 12 jam hingga menghasilkan kaldu berwarna putih dan kental. Biasanya Tonkotsu Ramen ditambahkan beberapa bahan lainnya seperti krim susu, jahe, dan mentega agar menambah citarasa dari ramen yan berasal dari Prefektur Fukuoka ini.

5. Tsukumen Ramen

Foto: timeout.com

Berbeda dari ramen-ramen jenis lainnya, Tsukumen Ramen disajikan terpisah antara mie dengan kuahnya. Sesuai dengan arti Tsukumen yang berarti celup, cara memakannya adalah dengan hanya mencelupkan mie kedalam kuah saat akan menyantapnya. Perbedaan ramen ini juga terdapat pada kaldunya yang memiliki tekstur lebih kental serta rasa yang lebih kuat. Tsukumen Ramen juga disajikan dengan topping sayuran, telur rebus, dan rumput laut.

Nah itu dia 5 jenis ramen yang harus kamu ketahui. Dari kelima jenis ramen ini, kira-kira ramen jenis apa nih yang jadi favorit sobatgenz?

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done