Resep Base Genep: Bumbu Rahasia Dibalik Kelezatan Masakan Bali! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 30 June 2020

Resep Base Genep: Bumbu Rahasia Dibalik Kelezatan Masakan Bali!

Portalgenz.com – Masakan Indonesia sejak dulu memang terkenal dengan menggunakan banyak rempah-rempah sehingga menghasilkan citarasa yang kaya dan khas. Sama halnya dengan masakan khas Bali, yang terkenal akan citarasanya yang sangat lezat dan kaya akan rempah-rempah di setiap gigitannya. Maka tak heran kalau masakan Bali banyak digandrungi oleh berbagai kalangan.

Foto:  idntimes.com

Citarasa masakan Bali yang kaya dan khas ini sebenarnya berasal dari ‘bumbu rahasia’ yang diracik dari 15 jenis rempah-rempah yang diaduk menjadi satu lho gengs! Nah, ‘bumbu rahasia’ ini disebut dengan Base Genep. Base adalah bahasa Bali dari bumbu. Jenis bumbu inilah yang menjadi kunci utama dibalik citarasa masakan Bali yang lezat dan menggugah selera. Base Genep biasanya digunakan untuk membuat masakan khas Bali seperti bebek betutu dan sate lilit.

Sebenarnya membuat Base Genep gampang banget kok gengs, dan bisa dilakukan di rumah. Pastinya sobatgenz penasaran cara membuat ‘resep rahasia’ masakan khas Bali ini kan? Dilansir dari akun cookpad Nonik Indra, berikut 15 bahan dan cara membuat Base Genep!

Bahan-bahan
5 cm kunyit
5 cm lengkuas
4 cm jahe
4 cm kencur
6 siung bawang putih
10 siung bawang merah
4 biji cabe besar
4 biji cabe kecil (sesuai selera)
1 sdt ketumbar
½ sdt merica putih
½ sdt merica hitam
3 buah kemiri
1 buah tomat besar
5 batang serai, cincang
1 bungkus wewangen (hanya ada di Bali, optional)
2 lembar daun salam
1 sdt terasi
secukupnya garam
secukupnya gula

Foto:  pandamarbali.blogspot.com

Cara Membuat
  1. Cincang halus kunyit, lengkuas, jahe dan kencur. Kemudian blender bawang merah, bawang putih, cabe besar, cabe kecil, sereh, kemiri, merica, dan ketumbar. Selain blender, bisa juga di uleg atau diketuk-ketuk menggunakan pangkal pisau besar. Setelah itu, iris tipis tomat.
  2. Setelah itu, bumbu ditumis atau digoreng sampai wangi. Lalu tambahkan irisan tomat, terasi, daun salam, garam, dan gula. Aduk semua bumbu hingga tercampur rata.
  3. Setelah wangi dan tercampur rata, bumbu sudah bisa digunakan sebagai bahan masakan. Bumbu bisa disimpan dikulkas atau dicampur rebusan makanan jika ingin langsung disajikan. 

Itu dia resep ‘bumbu rahasia’ masakan Bali alias Base Genep yang bisa sobatgenz coba di rumah. Selain untuk masakan khas Bali, Base Genep juga bisa digunakan di banyak masakan lainnya lho, terutama untuk masakan olahan ayam, ikan, daging, dan telur. Agar masakan sobatgenz di rumah semakin lezat, resep Base Genep wajib dicoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done