Resep + Tips Pie Susu Teflon Antigosong dan Antigagal! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Saturday, 13 June 2020

Resep + Tips Pie Susu Teflon Antigosong dan Antigagal!

Foto: jateng.idntimes.com

Portalgenz.com – Siapa yang suka pie susu? Kue yang satu ini pasti digemari oleh seluruh kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Akhir-akhir ini pun media sosial sedang ramai membicarakan resep membuat pie susu dengan menggunakan teflon. Sayangnya, tidak semua orang berhasil membuat pie susu teflon ini, karena seringnya pie susu akan cepat gosong ketika sedang dimasak di atas teflon meskipun sudah menggunakan api kecil.

Tapi sebenarnya membuat pie susu teflon ini mudah banget kok, gengs! Asalkan tau tips-tips agar pie susu tidak akan gosong saat sedang dimasak di atas teflon, dijamin pie susu buatan sobatgenz pasti enak dan antigagal. Mau tau seperti apa resep dan tips pie susu teflon antigosong dan antigagal? Dilansir dari popmama.com, simak ulasannya dibawah ini yuk!

Bahan Pie
250 gram tepung terigu
1 butir telur
100 gram mentega

Bahan Fla
1 sdm tepung maizena
100 ml air matang
3 butir kuning telur
½ sdt vanili
120 ml susu kental manis (3 sachet)

Cara Membuat
  1. Buat adonan pie terlebih dahulu dengan menggunakan tangan saja. Pertama, campurkan tepung terigu dan mentega sampai rata. 
  2. Kemudian tambahkan telur dan uleni sampai kalis. Tanda kalis adalah ketika adonan sudah tidak lagi menempel di tangan. Usahakan untuk tidak terlau lama mengulen karena bisa membuat mentega jadi mencair karena panas dari tangan.
  3. Selanjutnya adalah membuat fla. Caranya, campurkan tepung maizena dengan air matang, lalu sisihkan. Selanjutnya, kocok lepas kuning telur, vanili, dan susu kental manis. Sobatgenz bisa mengocoknya dengan garpu atau whisk.
  4. Setelah semua telah terkocok rata, masukkan campuran maizena dan air yang sudah dilarutkan. Kocok kembali sampai semua merata.
  5. Siapkan teflon, lalu masukkan adonan pie ke dalam teflon. Setelah itu ditutup dengan tutup teflon, dan masak dengan api kecil selama 15 menit.
  6. Setelah 15 menit, kemudian masukkan adonan fla lalu tutup kembali dengan tutup teflon. Jangan lupa untuk cek berkala dan masak kira-kira sekitar 30 menit hingga 1 jam.
  7. Setelah matang, pindahkan pie susu yang ada di teflon ke dalam piring, lalu sajikan.

Tips Pie Susu Teflon Antigosong 
Setelah mengetahui langkah-langkah membuat pie susu teflon, sekarang saatnya menyimak tips-tips agar pie susu teflon antigosong dibawah ini yuk!
  1. Pertama, ketika menuang adonan pie ke dalam teflon, pastikan untuk meratakan adonan di wadah teflon. Pastikan pula agar adonan yang dituang tidak terlalu tebal dan terbagi merata di atas teflon.
  2. Untuk mengurangi kemungkinan gosong, masak pie dengan api kecil sambil menusuk-nusuk adonan pie dengan garpu.
  3. Jika sudah memasang api keci tetapi ternyata kompor memiliki tungku api yang besar sehingga tetap akan gosong, sobatgenz bisa menaikkan posisi wajan agar lebih tinggi. Caranya, tempatkan batu atau benda yang tahan panas di sekitar kompor agar wajan tidak terlalu menempel dengan api. Usahakan ketinggiannya tidak lebih dari 5 cm.
  4. Masak dengan cara tersebut sambil dilihat kembali perubahan dari adonan pie. Amannya, masak adonan pie selama 15 menit, baru kemudian masukkan adonan fla. Cek berkala perubahan pie dan fla dan masak sekitar 30 menit sampai 1 jam.

Foto: popmama.com
Tips Pie Susu Teflon Matang Sempurna
Biasanya masalah lain yang sering terjadi dalam memasak pie susu teflon adalah permukaan fla yang sering basah, yang disebabkan oleh uap yang menetes dari tutup teflon. Teflon memang harus ditutup ketika memasak pie susu agar panasnya bisa mematangkan bagian atas kue. Tapi gimana caranya ya, agar pie susu tetap matang sempurna walaupun terkena uap yang menetes dari tutup teflon? 

Caranya, usahakan untuk mengelap bagian dalam tutup teflon secara berkala, kira-kira sekitar 10 menit sekali agar tidak ada air yang menetes ke dalam pie susu. Lebih baik lagi jika sobatgenz mempunyai tutup teflon yang memiliki lubang, sehingga uap bisa langsung keluar dan tidak meninggalkan tetesan air. Namun jika tidak ada, sobatgenz bisa mengikuti tips yang sudah disebutkan tadi.

Oiya, setelah pie susu matang, jangan langsung dikeluarkan dari teflon yaa sobatgenz, karena bisa membuat adonan pie retak. Pastikan untuk menunggu teflon agak hangat, kira-kira sekitar 5 menit, lalu boleh dikeluarkan dari teflon dan dipindahkan ke wadah.

Nah, itu dia resep dan tips-tips pie susu teflon antigosong dan yang pastinya antigagal. Kalau begitu tunggu apalagi, langsung diterapkan di rumah yuk!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done