Serupa Tapi Tak Sama, Apa Bedanya Cilok, Cimol, dan Pentol? - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 19 June 2020

Serupa Tapi Tak Sama, Apa Bedanya Cilok, Cimol, dan Pentol?

Portalgenz.com – Bicara mengenai jajanan khas Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi sama Cilok, Cimol, dan Pentol kan gengs? Ketiga jajanan ini pastinya digemari oleh semua kalangan karena citarasanya yang gurih dan harganya yang tergolong murah. Ketiga jajanan ini juga memiliki bentuk yang mirip-mirip, dan berbahan dasar yang sama, yaitu terbuat dari aci. 

Tapi sobatgenz tahu gak sih, perbedaan dari Cilok, Cimol, dan Pentol? Apa selama ini sobatgenz menganggap kalau ketiga makanan ini sama? Eits, walaupun terlihat sama, sebenarnya ketiga jajanan lezat ini berbeda lho! Penasaran apa saja perbedaannya? Daripada bingung, yuk simak penjelasannya dibawah ini!

1. Cilok
  
Foto:  merdeka.com

Cilok merupakan jajanan yang berasal dari tanah pasundan Jawa Barat. Nama Cilok berasal dari singkatan aci dicolok. Sesuai dengan namanya, cilok disajikan dengan dicolok atau ditusuk dengan menggunakan tusukan lidi. Jajanan gurih ini berbahan dasar tepung aci yang dicampur dengan bumbu-bumbu penyedap lainnya, lalu direbus hingga matang dan bertekstur kenyal, kemudian disajikan dengan saus sambal, kecap, bumbu penyedap, atau bumbu kacang diatasnya sesuai selera. Santap cilok selagi hangat, rasanya nendang banget!

2. Cimol

Foto:  doyanresep.com

Sama dengan Cilok, Cimol juga berasal dari Jawa Barat. Penamaan Cimol juga mirip dengan Cilok, bedanya singkatan ‘mol’ berasa dari kata digemol atau dibulat-bulat. Persis dengan namanya, Cimol terbuat dari aci yang dicampur dengan berbagai bumbu penyedap, lalu digemol atau dibentuk bulat-bulat kecil. Berbeda dengan Cilok yang dimasak dengan cara direbus, Cimol dimasak dengan cara digoreng hingga mengembang dan terbentuk tekstur kering diluar kenyal didalam. Sajikan hangat-hangat bersama saus sambal, kecap, dan bumbu penyedap sesuai selera, lezatnya Cimol memang gak ada duanya!

3. Pentol

Foto:  food.detik.com

Berbeda dari Cilok dan Cimol yang berasal dari Jawa Barat, Pentol berasal dari Jawa Timur. Perbedaan Pentol dengan Cilok dan Cimol terletak pada bahan dasarnya, karena selain aci dan bumbu penyedap, Pentol juga terdiri dari sedikit daging sapi, daun bawang, dan daun seledri. Setelah itu Pentol dibentuk bulat-bulat kecil lalu dimasak dengan cara direbus dalam air mendidih hingga matang seperti bakso. Sajikan bersama sedikit kuah dengan campuran saus sambal, kecap, atau saus kacang sesuai selera, Pentol cocok banget untuk disantap selagi hangat!

Nah itu dia perbedaan antara Cilok, Cimol, dan Pentol. Meskipun berbahan dasar sama, ternyata terdapat sedikit perbedaan di cara masak, penyajian, hingga daerah asal. Setelah membaca ini, jangan sampai salah lagi membedakan Cilok, Cimol, dan Pentol ya gengs!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done