Setiap Malam Selalu Begadang? Jangan Dibiasakan, Ini Dampaknya bagi Tubuh - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Saturday, 6 June 2020

Setiap Malam Selalu Begadang? Jangan Dibiasakan, Ini Dampaknya bagi Tubuh


Gambar - beritagar.id

Portalgenz.com - Semua orang pasti menginginkan tidur nyenyak setiap malam. tapi kadang-kadang ada beberapa orang yang harus begadang untuk menyelesaikan pekerjaannya, atau memang sudah kebiasaan tidur malam. Apa kamu termasuk salah satunya? Eitss.. tapi jangan dibiasakan ya. Karena faktanya begadang yang memiliki dampak yang tidak baik untuk tubuh.

Ada baiknya kamu mulai menghentikan kebiasaan begadang, jika kamu tidak menginginkan 5 dampak ini terjadi pada tubuhmu. Mau tahu apa saja dampaknya? Simak artikel ini sampai habis.

1. Meningkatkan Risiko Terkena Diabetes 




Gambar- klikdokter.com

Kebiasaan begadang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes. Karena begadang membuat tubuh Anda mendapatkan sedikit istirahat sehingga tubuh mengeluarkan hormon stres tingkat tinggi misalnya kortisol. Dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism tahun 2010 menyatakan jika kurang tidur membuat kamu kurang sensitif dengan efek insulin. Seiring berjalannya waktu, hal tersebut bisa menimbulkan glukosa yang meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes.

2. Berat Badan Bertambah



Gambar- hellosehat.com

Tahu gak, ternyata begadang bisa menimbulkan berat badan bertambah. Hal tersebut tentu merupakan kabar buruk bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Lalu apa hubungannya begadang dengan berat badan?

Karena begadang bisa menimbulkan efek lapar dan membuat orang mengkonsumsi makanan rata-rata 385 kalori lebih banyak. Nah kalori tersebutlah yang menyebabkan berat badan bertambah dan obesitas dalam jangka waktu yang cukup panjang. Bahkan pada tahun 2006 terdapat penelitian terhadap 68.000 wanita yang kurang tidur atau hanya tidur selama 5 jam bertambah berat badan hingga 1,2 kg.

3. Mengancam Kesehatan Jantung


Gambar- sehatq.com

Jantung merupakan organ penting yang perlu kita jaga, namun ternyata begadang bisa mengancam kesehatan jantung. Orang muda biasanya terkena serangan jantung akibat kadar kolesterol buruk tinggi. Menurut studi pada tahun 2010 dalam jurnal Current Cardiology Reviews menyatakan jika begadang atau hanya tidur 5 jam kurang menyebabkan tingginya risiko hipertensi serta jantung koroner. Wah serem juga ya guys!

4. Kekebalan Tubuh Lemah



Gambar- hellosehat.com

Tubuh kurang istirahat maka sistem kekebalan tubuh pun mulai melemah dan terganggu. Hal tersebut dikarenakan sirkulasi sel darah putih terganggu ketika kamu terus menerus begadang. Sedangkan sel darah putih itu berfungsi untuk menangkal penyakit dan infeksi. So mulai sekarang tidur yang cukup ya gengs agar kekebalan tubuh kita tidak melemah. karena kalau tubuh melemah, maka tubuh akan rentan terkena penyakit virus atau bakteri.

5. Fungsi Otak Melemah



Gambar- hellosehat.com

Ternyata bukan hanya kekebalan tubuh saja yang melemah, tapi fungsi otak juga bisa melemah akibat keseringan begadang. di mana otak akan lebih sulit dalam melacak informasi yang diterimanya. Menurut penelitian di University of California pada tahun 2017, menemukan apabila subjek dilarang tidur membuat neuron jadi sulit berkomunikasi. Padahal neuron sangat penting untuk mengingat dan mengkategorikan gambar.

Itulah 5 dampak yang dirasakan tubuh ketika kamu sering begadang. So, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan buruk tersebut ya gengs! Karena bisa merusak kesehatan tubuh.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done