Strategi Komunikasi Jika Anda Mengalami Gangguan Pendengaran - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Saturday, 20 June 2020

Strategi Komunikasi Jika Anda Mengalami Gangguan Pendengaran

Gambar - freepik.com

Portalgenz.com - jika Anda mengalami gangguan pendengaran, Anda perlu mengubah cara berkomunikasi lebih baik. Komunikasi sendiri merupakan proses yang melibatkan dua orang atau lebih untuk menyampaikan informasi dan mendengarkannya. Setiap orang yang terlibat dalam komunikasi memerlukan strategi komunikasi yang efektif. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi situasi sulit dan informasi dapat tersampaikan dengan baik.

Lalu, bagaimana cara memperbaiki strategi komunikasi yang baik?
Gambar - freepik.com

Dikutip dari healtyhearing.com, Anda perlu memperhatikan gaya komunikasi dengan baik, menurut Cochlear Americas, gaya komunikasi dibagi menjadi 3 bagian yaitu pasif, agresif dan tegas. Gaya komunikasi yang paling baik yaitu gaya tegas. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasannya:

Gaya Komunikasi Pasif


Banyak orang yang mengalami gangguan pendengaran berkomunikasi pasif, terlebih ketika mereka baru mengalami kesulitan komunikasi. Komunikasi pasif yaitu berpura-pura mengerti dengan apa yang orang lain katakan karena takut terlihat bodoh. Gaya komunikasi ini membuat seseorang merasa terisolasi dan tertekan karena mereka tidak bisa memahami dengan baik.

Gaya Komunikasi Agresif


Gaya komunikasi agresif yaitu mengalihkan pembicaraan untuk menghindari ketidaknyamanan, karena mereka tidak tahu apa yang dikatakan oleh lawan bicara. Gaya komunikasi ini kurang baik karena mereka memilih mengalihkan pembicaraan dibandingkan memahami apa yang sedang dibicarakan.

Gaya Komunikasi Tegas


Gaya komunikasi yang satu ini sangat baik, karena mereka mengakui kondisi pendengaran serta pemahaman mereka. Apabila mereka kurang memahami apa yang dibicarakan, maka mereka akan bertanya. Gaya komunikasi tegas bersifat dengan saling menghormati dan bisa bekerja sama satu sama lain.

Itulah gaya komunikasi yang bisa Anda lakukan jika memiliki gangguan pendengaran. Semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done