Sudah Diet Tapi Kok Berat Badan Naik Lagi? Ternyata Ini Penyebabnya - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 9 June 2020

Sudah Diet Tapi Kok Berat Badan Naik Lagi? Ternyata Ini Penyebabnya

Gambar - pixabay.com

Portalgenz.com -
Siapa sih yang nggak pengen punya badan bagus dan ideal? Tentu semua orang menginginkannya terutama bagi para wanita. Berbagai cara telah dilakukan untuk menurunkan berat badan, tapi ternyata ada beberapa penyebab yang menyebabkan berat badan naik lagi setelah menjalani diet. Nah kalau udah kayak gitu sama aja bohong kan. Penasaran nggak apa yang bikin berat badan kamu naik lagi setelah diet? Simak artikel ini sampai habis ya!

1. Kurang Beraktivitas

Gambar - pixabay.com

Kalau kamu kurang beraktifitas setelah diet, tentu hal tersebut menyebabkan tubuh menjadi gemuk dan beresiko berat badan kembali meningkat. Karena tubuh akan sulit menyesuaikan berat badan tanpa beraktifitas.

Terlebih kalau kamu mengkonsumsi kalori setelah diet maka kalori tersebut bisa meningkatkan berat badan. Tapi apabila kamu melakukan aktivitas fisik, setidaknya kalori akan dimetabolisme dan mengurangi resiko berat badan naik. Kamu bisa melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, bekerja dan lain sebagainya. Nggak ada salahnya kamu melakukan olahraga, karena itu juga baik untuk kesehatan tubuh.

2. Faktor hormonal

Gambar - pixabay.com

Ada beberapa hormon yang berada di pankreas, lambung serta jaringan lemak yang berhubungan dengan pengaturan berat badan, misalnya pada proses stimulasi keinginan makan pada otak. Kadar lemak dapat menurun saat menjalani diet, dikarenakan menurunnya hormon leptin yaitu hormon yang mengirimkan pesan kepada otak ketika sudah kenyang, serta menurunnya hormon ghrelin atau stimulasi lapar. Hal tersebut dapat mempengaruhi kadar lemak dalam tubuh secara tidak langsung serta mempengaruhi individu dalam pola konsumsi.

3. Jumlah Kalori yang Tidak Menentu

Gambar - pixabay.com

Ketika sedang menjalani diet, mungkin kamu akan mengkonsumsi jumlah kalori yang tidak menentu, kadang naik kadang turun. Pada saat diet mungkin saja kamu menuruni asokan kalori. Namun asupan kalori yang naik sesudahnya, dalam waktu singkat bisa membuat berat badan juga naik. Oleh sebab itu ketika sudah melakukan diet ada baiknya untuk menyeimbangkan asupan kalori dalam tubuh.

4. Lemak yang Buruk

Gambar - pixabay.com
Setelah selesai diet, kamu juga harus bisa memilih makanan yang baik agar tidak menyebabkan berat badan naik lagi. Salah satunya yaitu dengan memilih mengkonsumsi lemak yang sehat. Ada baiknya untuk menghindari makanan cepat saji karena mengandung lemak jahat dan lemak trans dikaitkan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung.

5. Camilan Tidak Sehat 

Gambar - pixabay.com
Selain makanan, kamu juga harus pintar memilih camilan sehat yang tidak membuat berat badan naik. karena tidak sedikit orang yang gemuk kembali akibat cemil terlalu banyak dan tidak sehat. Kamu bisa mengganti keripik dan biskuit dengan buah segar serta kalau pergi jangan lupa untuk membawa air putih agar tidak membeli es diluar.

Nah, itulah 5 hal yang menyebabkan berat badan naik kembali setelah diet. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya guys!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done