Suka Nahan BAB? Hentikan! Ini Bahayanya - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Saturday, 20 June 2020

Suka Nahan BAB? Hentikan! Ini Bahayanya

Gambar - shutterstock

Portalgenz.com - Apakah kamu pernah menahan buang air besar? Mungkin saat di tengah jalan, kondisi penting, tidak ada toilet atau alasan apapun yang buat kamu harus menahan BAB. Tapi tahukah kamu, ternyata sering menahan BAB menyebabkan bahaya yang tidak sehat untuk tubuh lho! Bahkan kamu beresiko penyakit berbahaya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini merupakan 5 bahaya akibat sering menahan buang air besar, diantaranya adalah,

1. Sembelit

Gambar Istockphoto

Penyakit sembelit bukan diakibatkan karena kekurangan asupan serat saja, melainkan keseringan menahan buang air besar. Makanya nggak usah heran kalau banyak orang yang mengalami kondisi ini akibat menahan BAB.

Hal ini terjadi karena feses ditahan untuk keluar dan menumpuk di usus besar akibatnya, feses akan mengeras. Sehingga Anda harus mengeluarkan feses ini kembali dengan tenaga ekstra.

2. Ambeien

Gambar freepik.com

Ambeien merupakan masalah kesehatan yang diawali dari sembelit. Penyakit ini disebabkan karena kebiasaan menunda buang air besar. Penyakit ini membuat kamu tidak nyaman dan sakit pada anus, sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. So, tinggalkan kebiasaan ini ya gengs!

3. Obstruksi usus

Gambar freepik.com

Akibat feses yang mengeras dalam usus karena menahan BAB terlalu sering bisa menyebabkan obstruksi usus. Di mana penyakit tersebut mengganggu saluran pencernaan serta tidak bisa mencerna makanan dan cairan dengan baik.

Selain itu, Penyakit ini juga bisa disebabkan adanya kompilasi perlengketan usus, kanker usus besar dan hernia. Wah serem juga ya gengs!

4. Kanker usus besar

Gambar freepik.com

Sama seperti lainnya, kanker usus besar juga disebabkan karena sering menahan buang air besar. Karena feses terlalu lama berada di dalam usus dan berkontak dengan sel permukaan usus besar. Sebaiknya kamu segera hentikan kebiasaan buruk ini ya, karena penyakit ini sangat berbahaya dan memerlukan penanganan ke rumah sakit.

5. Komplikasi

Gambar - shutterstock

Lebih parahnya lagi, ternyata menahan buang air besar bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Bahkan ada beberapa yang menyebabkan masalah kesehatan jantung, kram dan masalah pada peredaran darah. Biasanya, komplikasi ini sering terjadi pada orang tua dan mereka yang jarang bergerak namun kamu juga harus tetap berhati-hati ya gengs!

Itulah 5 bahaya menahan buang air besar bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat ya gengs!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done