Tidak Pakai Kantong Plastik, Lalu Pakai Apa Dong Untuk Belanja Sekarang? - PORTALGENZ
Berita Hari Ini
Loading...

Monday, June 15, 2020

Tidak Pakai Kantong Plastik, Lalu Pakai Apa Dong Untuk Belanja Sekarang?

Foto : unsplash.com
Portalgenz.com - Beberapa pemerintahan daerah sudah menerapkan aturan berupa larangan penggunaan kantong plastik. Peraturan ini diterapkan untuk menjaga lingkungan hidup. Karena plastik merupakan salah satu sebab terbesar pencemaran lingkungan. Saat ini Indonesia menjadi negara terbesar ke-2 dunia yang membuang sampah plastik ke laut, setelah negara China.
Dalam setahun, Indonesia telah mengkonsumsi plastik sampai dengan 17 kilogram. Sehingga pemerintah berusaha untuk mengurangi beredarnya kantong plastik, dengan larangan penggunaan kantong plastik sehari-hari. Lalu apa saja sih yang bisa dijadikan pengganti kantong plastik saat berbelanja? Yuk simak berikut ini.
Kantong Plastik Ecoplas
Plastik Ecoplas merupakan salah satu jenis plastik yang ramah lingkungan. Sebab, plastik ini terbuat dari tepung tapioka. Hal ini membuat plastik ecoplas mudah terurai, karena hanya membutuhkan bantuan dari mikroba tanah saja gengs.
Plastik ecoplas biasanya terurai dalam waktu seminggu. Tergantung semakin banyaknya kandungan mikroorganisme dalam tanah, maka ecoplas juga akan semakain cepat terurai.
Foto : unsplash.com
Kantok Plastik Avani Eco
Plastik ini diproduksi oleh perusahaan PT Nirwana Alam Hijauh. Mereka memproduksi avani eco dengan berbahan dasar singkong.
Jadi kenapa Avani Eco ini menjadi pengganti yang baik, bagi plastik biasa? Sebab bahan dasar singkong inii sangat mudah terurai, dan bahkan mudah sekali terlarut dalam air, sehingga sangat ramah lingkungan.
Tas Jaring
Tas berjaring yang bentuknya hampir sama dengan noken khas Papua merupakan alternatif yang tepat. Tas jaring ini memiliki bentuk yang dapat disesuaikan dengan barang belanjaan.
Mungkin kalau dilihat sekilas tas ini terlihat kecil, tapi sebenarnya tas ini memiliki cukup ruang untuk menampung barang belanjaan dalam kapasitas yang lumayan loh geng!
Foto : unsplash.com
Menggunakan Tote Bag
Bahan pengganti plastik untuk belanja selanjutnya adalah Tote bag. Sebab tidak mungkin kan, jika kamu hanya belanja makanan, sayuran, dan buah-buahan saja? Kadang kala kamu pasti akan belanja fashion, make up, atau barang lain yang jumlahnya tidak terlalu banyak.
Maka tas tote bag pun menjadi solusinya. Selain dapat digunakan berulang-ulang, tas ini juga akan membuatmu terlihat kece walaupun kamu menggunakannya di pusat perbelanjaan seperti Mall ya gengs!
Tas Foldable

Foto : unsplash.com
Pengganti plastik recommended terakhir untuk belanja, yakni foldable tas. Mengapa begitu? Sebab tas foldable merupakan tas belanja yang bisa dilipat.
Tas ini pun menjadi lebih mudah disimpan karena memang didesain agar bisa dilipat. Biasanya saat kamu membeli ini, kamu juga diberi kantong untuk menyimpan tas foldable sehingga tas terlihat lebih rapi.
Coba deh sekarang mulai beralih ke kantong-kantong plastik, atau tas yang recommend disebutkan di atas, ketika berbelanja ya gengs! Dengan lingkungan yang sehat, akan membuatmu sehat juga tentunya. Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done