Tinggalkan Kebiasaan Gigit Kuku Sekarang, Ini Bahayanya! Simak Genz! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, 4 June 2020

Tinggalkan Kebiasaan Gigit Kuku Sekarang, Ini Bahayanya! Simak Genz!

Sumber gambar: Lifestyle.okezone.com

Portalgenz.com - Tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan buruk menggigit kuku, apakah kamu salah satunya? Biasanya menggigit kuku terjadi ketika seseorang merasa cemas. Namun, kebiasaan ini tentunya harus ditinggalkan ya gengs! Karena menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja bahayanya? simak artikel ini sampai habis!

1. Peradangan


Bahaya gigit kuku yang biasa terjadi yaitu peradangan serta pembengkakan jari kuku. Hal tersebut disebabkan karena air liur manusia memiliki kandungan komposisi kimia untuk memecah lemak. Dengan begitu, kulit ujung jari akan rusak oleh air liur akibat sering menggigit kuku. bukan hanya peradangan, namun bibir pecah-pecah serta kulit disekitar kuku rusak.

2. Kuku Tidak Tumbuh Normal


Selain berefek buruk bagi kesehatan, kebiasaan menggigit kuku dapat menyebabkan pertumbuhan kuku menjadi tidak normal. Kuku memiliki lapisan generatif yang disebut matriks, lapisan tersebut berfungsi sebagai pondasi saat kuku tumbuh. Apabila lapisan tersebut rusak maka pertumbuhan kuku menjadi tidak normal/ kelainan kuku.

3. Sakit Perut


Dalam jari-jari atau kuku kita tentu terdapat bakteri atau virus yang menempel. Menggigit kuku sama saja memberi akses masuk terhadap mikroorganisme jahat tersebut dan menyebabkan kamu sakit perut. Bukan hanya itu, kamu juga bisa terserang berbagai penyakit ringan sampai berat seperti radang tenggorokan, virus, pilek dan lainnya.

4. Kutil


Tahukah kamu, ternyata kebiasaan menggigit kuku bisa menimbulkan kutil. Pada awalnya timbul kutil yang berukuran kecil dan tidak menimbulkan rasa sakit apapun. Namun, seiring waktu berjalan kutil tersebut dapat tumbuh membesar, menyebar, menimbulkan rasa sakit. Selain itu, penampilan di ujung kuku pun terlihat jelek.

5. Permukaan Gigi Berubah


Selain memberikan dampak yang berbahaya bagi kuku, kebiasaan ini juga dapat mempengaruhi permukaan gigi yang berubah. Posisi gigi bergeser dari tempatnya dan membuat gigi atau email gigi menjadi pecah. Bahkan gusi juga bisa terkena dampaknya, yaitu beresiko terkena infeksi serta pembengkakan.

Itulah 5 bahaya dari kebiasaan menggigit kuku. So, jika kamu memiliki kebiasaan buruk ini segera ditinggalkan ya guys! Ini demi menjaga kesehatan kamu. Semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done