Tips Mengendalikan Sifat Ambisius Bagi Generasi Milenial! - PORTALGENZ
Berita Hari Ini
Loading...

Monday, June 1, 2020

Tips Mengendalikan Sifat Ambisius Bagi Generasi Milenial!

Foto : unsplash.com

Portalgenz.com – Hidup memang perlu ambisi, karena mengejar suatu impian diperlukan tekad yang kuat. Namun bukan berarti, ambisimu ini bisa menguasai diri ya gengs. Karena bila sifat ambis ini berlebihan, terkadang malah justru akan membuatmu lupa segalanya.
Sifat ambisius ini bisa memunculkan sifat-sifat negatif lain, bahkan tekanan diri apabila kamu tidak bisa mengendalikannya. Sifat negatif yang muncul antara lain seperti emosional, egoisme, dan lain-lain. Dengan bermunculannya banyak sifat negatif ini, malah justru bisa membuat kita dijauhi oleh orang-orang sekitar, karena merasa tidak nyaman.
Nah sebab itulah semua ini harus seimbang, antara ambisi dan sifat sosial. Sebab kita hidup di dunia akan selalu butuh orang lain, dan harus saling membantu juga, bukan? Lalu, bagaimana cara mengendalikan sifat ambis ini agar tidak terlalu menguasai diri? Simak tips di bawah, ya!
Sadarilah Bahwa Semua Sifat yang Berlebihan Itu Tidak Baik
Pertama-tama, dalam mengendalikan sifat ambis ini kamu harus sadar terlebih dahulu bahwa segala yang berlebihan itu tidak baik. Renungi apa yang sudah kamu lakukan sehari-hari, apakah sifat ambismu ini berdampak positif atau malah membuatmu tertekan.

Foto : unsplash.com
Bila kamu sudah mulai merasa tertekan, sulit tidur, dan stress berlebihan, tandanya kamu harus menenangkan diri. Ambil waktu “me time” untuk menghibur diri, dan kumpul dengan orang-orang terdekat.
Kemudian apabila ada suatu kegagalan yang terjadi dalam hidup, cobalah memaafkan diri sendiri. Jangan sampai sifat ambis ini membuatmu down, karena tidak mendapat sesuatu yang kamu impikan. Kesimpulannya keep calm aja ya gengs, jangan terlalu paksakan dirimu untuk bisa selalu jadi juara setiap saat.
Fokuskan Ambis Ini ke Tujuan Mulia, dalam Membantu Orang di Sekitarmu
Untuk tips mengendalikan sifat ambis selanjutnya, yakni tujukan ke arah mulia. Karena daripada kamu memakai sifat ambis ini untuk menolong dirimu sendiri, mending kita pakai juga untuk menolong orang-orang yang lebih membutuhkan.
Contoh saja apabila kamu seorang pengusaha sukses, maka pakailah kesuksesanmu juga untuk hal positif dengan membantu orang lain yang memang harus dibantu.
Lihatlah sekelilingmu, mau itu teman, kerabat jauh, atau orang lain apakah ada yang harus dibantu? Bila ada, maka kamu pun harus ringan tangan, supaya hatimu jadi tenang dan tidak terlalu dikuasai sifat ambis.

Foto : unsplash.com
Banyak Bersyukur dan Memberi Ketenangan Dalam Diri
Sifat yang selalu tak pernah merasa puas, dan suka membandingkan diri dengan orang lain bisa masuk dalam karakter ambis, apabila kamu tidak bisa mengkontrolnya. Hal ini justru bisa memicu penyakit fisik seperti stroke dan jantung, karena seseorang selalu merasa bahwa hidup itu pertarungan.
Bukankah itu malah merugikan diri sendiri? Sebab itu, tips terakhir dalam mengendalikan sifat ambis, yakni seringlah bersyukur dan menikmati kesederhanaan hidup. Kejar impian sangat dibolehkan, tapi menyiksa dirimu sendiri bukan hal yang tepat!
Sekian beberapa tips cara mengendalikan sifat ambis bagi generasi milenial, hal ini biasanya terjadi di umur-umur kita yang masih muda ini ya gengs. Sebab itu, jangan lupa untuk selalu bersyukur dan kembangkan sifat sosial kita. Semoga bermanfaat!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done