Top 5 Wisata Paling Sering Dikunjungi Wisatawan di Kyoto - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 26 June 2020

Top 5 Wisata Paling Sering Dikunjungi Wisatawan di Kyoto

Portalgenz.com – Dari tahun ke tahun, Jepang selalu menjadi salah satu negara favorit para wisatawan, dengan Kyoto sebagai kota tujuan wisata nomor 1 di Jepang. Banyaknya objek wisata yang ditawarkan, kuil-kuil megah yang tersebar di berbagai sudut kota, situs-situs sejarah dan budaya yang mengagumkan, serta keindahan panorama alamnya menjadi alasan-alasan dibalik banyaknya wisatawan yang tertarik mengunjungi kota yang berada di Pulau Honshu ini.

Bingung tempat wisata apa saja yang harus didatangi ketika berkunjung ke Kyoto? Di bawah ini akan diulas top 5 tempat wisata yang paling sering dikunjungi di Kyoto. Peringkat ini didapat berdasarkan laporan Pusat Informasi Turis Jepang dan daftar itinerary pengguna Tour Guide Online Jepang yang dilansir dari infojepang.net. Kalau begitu, langsung saja simak ulasannya di bawah ini yuk!

1. Kuil Kiyomizudera

Foto: tripjepang.co.id

Menjadi salah satu situs warisan budaya UNESCO pada tahun 1994, Kuil Kiyomizudera merupakan kuil paling terkenal dan paling banyak dikunjungi di Kyoto. Berada di ketinggian bukit dengan pepohonan rindang yang daunnya berwarna-warni, kuil ini sangat indah untuk didatangi, terutama jika datang di saat musim gugur. Pilar-pilar menjulang tinggi di beranda kuil dan air terjun yang berada di sekitar kuil menambah kecantikan dari kuil ini. Bahkan di kuil yang berada di distrik Higashiyama ini juga disediakan panggung kayu “Jigokudome”, agar pengunjung bisa melihat pemandangan Kota Kyoto dari ketinggian.

Kuil yang dibangun pada tahun 778 ini merupakan kuil untuk sekte Hosso, salah satu sekte dengan sekolah pendidikan Buddha tertua di Jepang. Oiya, konon katanya pengunjung yang berjalan dengan mata terpejam menuju antara dua buah batu yang berjarak 18 meter di kuil ini akan mendapatkan peruntungan dalam hal percintaan lho!

2. Kuil Kinkakuji

Foto: japanhoppers.com

Kuil Kinkakuji atau Kuil Pavilion Emas adalah objek wisata Kyoto yang paling terkenal di seluruh dunia lho! Maka tak heran, Kuil Kinkakuji masuk ke ranking 2 wisata yang paling sering dikunjungi di Kyoto. 

Sebutan Kuil Pavilion Emas disematkan karena terdapat sebuah pavilion emas yang berada di area taman kuil di tengah-tengah kolam bernama Kyoko-chi. Seluruh bagian pavilion bahkan terbua dari emas, kecuali bagian lantai. Karena berlapiskan emas inilah yang menjadi cirikhas dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjungi kuil yang memiliki arsitektur simbolik dari Zen ini. 

3. Istana Nijo

Foto: discoverkyoto.com

Istana Nijo dulunya merupakan tempat tinggal keluarga kaisar sampai dengan tahun 1868, sebelum akhirnya pindah ke Tokyo. Meskipun sudah tidak menjadi tempat tinggal bagi keluarga kaisar, Istana Nijo tetap mempunyai makna penting bagi bangsa Jepang. Bahkan acara penobatan kaisar baru dan upacara kenegaraan Jepang lainnya pun masih kerap dilakukan disini.

Istana Nijo terletak di sebuah kompleks bernama Taman Kekaisaran Kyoto (Kyoto Gouen) yang berada di pusat kota Kyoto. Istana yang kental akan arsitektur tradisional yang khas ini dibangun pada tahun 794, dan sudah mengalami beberapa kali pemugaran hingga menjadi istana yang dapat dilihat dan dikunjungi seperti sekarang ini. Oiya, untuk mengunjungi istana yang kaya akan nilai sejarah ini tidak dipungut biaya tiket kok, alias gratis!

4. Distrik Gion

Foto: timeout.com

Gion adalah sebuah distrik di Kyoto, dimana disini masih terdapat rumah-rumah tua bergaya Jepang yang disebut dengan “machiya” yang memiliki arti townhouse. Bangunan tradisional di kanan kiri jalan Distrik Gion ini masih sangat terawat dan kental akan arsitektur tradisional, sehingga menambah kesan antik dari distrik ini.

Distrik Gion juga terkenal karena masih mempunyai banyak “ochaya” atau rumah teh tradisional dimana pengunjung dapat dihibur oleh para geisha. Geisha sendiri merupakan bagian dari budaya tradisional Jepang, yang keberadaannya semakin tergerus oleh zaman. Selain itu, Distrik Gion juga terkenal dengan festival Gion Matsuri, dan memiliki spot-spot menarik yang wajib dikunjungi, seperti “hanami koji” atau jalan melihat bunga yang berada di sisi selatan Gion.

5. Kuil Fushimi Inari Taisha

Foto: cheria-travel.com

Kuil Fushimi Inari Taisha adalah sebuah kuil beraliran Shinto yang terkenal dengan 10.000 Torii atau gerbang berwarna merah vermillion dengan tulisan-tulisan sutera Buddha di sepanjang jalanan sebelum memasuki kuil. Konon katanya, gerbang tersebut merupakan gerbang yang disumbangkan oleh para pengikutnya di zaman dulu sebagai persembahan kepada para Dewa. Adapun warna vermillion atau warna campuran antara merah dan jingga pada gerbang dan keseluruhan bangunan kuil dipercaya sebagai warna yang mengusir berbagai kejahatan dan penyakit.

Kuil ini berada di distrik Fushimi-ku, dan dibangun untuk memuliakan Dewa Inari atau Dewa Padi. Kuil Fushimi Inari Taisha berada di kaki gunung Inari, dan tanah milik kuil ini mencakup gunung yang tingginya 233 meter. Aula utama dari kuil ini bahkan ditetapkan oleh pemerintah Jepang sebagai warisan budaya yang penting lho!

Berikut sudah dibahas 5 tempat wisata yang paling sering dikunjungi di Kyoto. Kelima wisata ini harus masuk kedalam itinerary atau daftar perjalananmu ketika berencana untuk menjelajahi Kyoto nanti. Bagaimana gengs, jadi gak sabar ingin menjelajahi Kyoto?

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done