Tuduhan Plagiarisme dalam MV Comeback TWICE “More & More” - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Wednesday, 3 June 2020

Tuduhan Plagiarisme dalam MV Comeback TWICE “More & More”

Portalgenz.com
                                                Image Source: koreanindo.net

Portalgenz.com - Video musik comeback TWICE yang mengusung tajuk “More & More” ternyata sudah mendapat sentilan meski baru dirilis pada 1 Juni 2020 kemarin. Video tersebut dituduh menjiplak karya seni ciptaan Davis McCarty. Hal ini berkaitan dengan patung-patung kristal yang indah dengan warna pelangi yang cerah dalam MV “More & More”. Selain itu, banyak juga yang mengamati bahwa set penyangga dalam MV tersebut juga sangat mirip dengan proyek masa lalunya.

Penampakan karya McCarty dalam video ini terlihat di chorus terakhir saat TWICE melebur dalam tariannya. Dahyun dan member TWICE lainnya berdiri di atas panggung yang terapung dengan hiasan patung kristal warna-warni. Properti yang mereka gunakan dalam adegan inilah yang kemudian dianggap mirip dengan karya Davis McCarty pada April 2018 lalu untuk Light City Art Walk di Baltimore dengan nama ‘Pulse Portal’.


Davis McCarty Lontarkan Protes Lewat Media Sosial

portalgenz.com
Image Source: starbiz.net

Bukan hanya sekadar dugaan semata, bahkan pembuat patung tersebut, McCarty, mengungkapkan pendapatnya melalui postingan di media sosial. Pemenang seni arsitektur di Spoon River College ini mengungkapkan adanya kesamaan dalam struktur patung tersebut dan menyebut ini sebagai ‘pelanggaran hak cipta secara terang-terangan’. McCarty bahkan bertanya kepada para pengikutnya tentang bagaimana cara ia dapat menghubungi pihak yang tepat, yaitu YG Entertainment itu sendiri.

“Band K-Pop asal Korea, TWICE, mencuri desain #PulsePortal dan menciptakan replika untuk video musik mereka. Video ini telah ditonton 15 juta kali sejak diluncurkan di YouTube. Ini adalah pelanggaran hak cipta yang terang-terangan, Pecinta Seni. Dapatkah kalian memberi panduan untuk saya?” tulis McCarty di akun media sosial miliknya.

Meski begitu, postingan tersebut sudah hilang alias dihapus oleh McCarty. Selain menyebut TWICE menjiplak karya miliknya dalam video musik mereka, ada satu poin bagus yang tak bisa ditinggalkan oleh McCarty. Ia menganggap meski hal ini salah karena menggunakan karyanya tanpa izin, namun ia sadar bahwa sesuatu yang ia buat dalam jurnal kerjanya dapat memberi pengaruh kepada dunia. Tak bisa dipungkiri, Davis McCarty merupakan seniman yang sangat berbakat dan karyanya patut untuk diapresiasi dan diberikan dukungan yang lebih.

Tanggapan YG Entertainment

portalgenz.com
                                                       Image Source: kpopchart.net
Berkat kekuatan media dan kecanggihan teknologi, kabar ini pun dengan cepat sampai ke YG Entertainment yang merupakan salah satu agensi besar di Korea Selatan. Sepertinya, pihak YG Entertainment baru sadar akan kesamaan karya McCarty dengan properti yang mereka gunakan dalam MV “More & More”. Lebih lanjut, pihak agensi pun meminta sang produser yang menggarap MV comeback milik TWICE ini untuk menyelesaikan masalah dengan McCarty secara baik-baik.

Plagiarisme menjadi hal yang begitu krusial dalam pembuatan sebuah karya. YG Entertainment menyesali hal tersebut dan berencana untuk membuat sistem baru yang akan mencegah insiden semacam ini tidak terulang kembali di masa depan. 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done