Wifimu Lemot? Singkirkan Benda Ini Dari Router Ya! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Wednesday, 3 June 2020

Wifimu Lemot? Singkirkan Benda Ini Dari Router Ya!

Foto : unsplash.com

Portalgenz.com - Hampir semua kalangan masyarakat membutuhkan internet, bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok kita sehari-hari, ya gengs? Tidak sedikit juga yang lebih memilih menikmati jaringan internet dengan memasang wifi di rumah. Karena kalau dihitung-dihitung, ternyata lebih hemat dan praktis.
Tapi tidak jarang juga wifi dirumah terasa lemot. Apalagi kalau sedang ada tamu dan semua memakai wifi. Karena terlalu banyak pemakai, kualitas jaringan wifi pun menjadi lambat. Tapi ternyata bukan karena hal itu saja mengapa wifi bisa lemot. Ada beberapa benda juga yang bisa jadi penghalang wifi tersebut. Yuk disimak apa saja benda itu!
1. Alat-Alat Rumah Tangga Berbahan Metal atau Logam
Barang pertama yang membuat wifi lemot, yakni logam dan metal. Logam mampu menghambat gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh router wifi, karena logam memiliki sifat konduktor magnet dan listrik. Sehingga elektromagnetik router wifi akan diserap oleh benda tersebut.
Jadi coba deh kamu pastikan lagi di dekat router wifimu, tidak adakah barang-barang yang berbahan logam atau metal? Jika ada, coba untuk disingkirkan dulu ya gengs, supaya tidak menghambat tentunya.

Foto : unsplash.com
2. Mesin Cuci dan Kulkas
Kedua benda di atas, memang bisa membuat wifi lemot, sebab barang tersebut juga terbuat dari logam. Selain itu juga memiliki pipa yang digunakan untuk mengaliri air.
Yang perlu kamu ketahui juga, ternyata air juga bisa menghambat wifimu. Karena air memiliki sifat yang mampu menahan gelombang nirkabel. Wah, jadi kita memang harus memperhatikan hal detail ini ya!
Jendela Kaca
Setiap rumah pasti punya jendela dong, jadi untuk mengakalinya, kamu bisa coba menggunakan jendela dengan bahan kayu, supaya tidak mempengaruhi wifi.
Atau kamu bisa menempatkan router wifimu agak jauh dari jendelamu, ya gengs. Agar sinyal jaringan internet bisa bekerja dengan baik!
Cermin
Buat cewek-cewek pasti nggak bakalan bisa lepas dari benda yang satu ini. Meskipun kamu memakainya setiap hari, kamu juga perlu tahu bahwa cermin memiliki sifat pantulan.
Apalagi jika cermin itu berukuran besar. Pasti gelombang routermu akan mudah dipantulkan oleh cermin, sehingga kualitas sinyalmu akan memburuk, kemudian wifii pun lemot seketika. Sebab itu, perhatikan peletakan benda ini di rumah ya!

Foto : unsplash.com
Monitor Komputer atau Laptop
Ternyata monitor, juga bisa menjadi faktor penghambat dari sinyal wifi yang menjadi lemot loh. Karena monitor memiliki frekuensi yang sama dengan wifi.
Sebab dengan adanya dua perangkat yang mentransmisikan frekuensi yang sama ini, akan membuat jaringan bekerja tidak maksimal.
Dinding Batu Bata
Dinding yang terbuat dari batu bata, marmer, dan batako mampu membuat sinyal wifi menjadi lemot. Jadi sebaiknya kamu letakkan router wifimu ditempat yang terbuka, dan tidak terhalang oleh dinding. Supaya kamu bisa menikmati wifi dengan maksimal.
Gimana, sudah jelas kan? Jadi, pastikan routermu terletak jauh dari benda-benda tersebut. Supaya jaringan wifi mulus, tanpa kendala ya gengs!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done