Yuk Simak Tips Biar Nggak Gemeteran Waktu Sidang Akhir! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Wednesday, 3 June 2020

Yuk Simak Tips Biar Nggak Gemeteran Waktu Sidang Akhir!

Foto : unsplash.com
Portalgenz.com - Pada masa sekolah, nasib kita bergantung pada kenaikan kelas. Tapi kalau diperkuliahan, nasib mahasiswa bergantung pada skripsi. Pembimbing dan penguji juga termasuk ke dalamnya. Maka dari itu, hampir semua mahasiswa pasti tegang pada saat sidang.
Apalagi kalau kamu mendapat penguji yang terkenal galak. Pasti rasanya pengen pingsan, kan gengs? Tapi semua ini, tentu bisa diminimalisir dengan persiapan yang baik. Berikut ini beberapa cara, untuk mengurangi rasa tegangmu saat sidang!
1. Cari Tahu Informasi dan Latar Belakang Penguji
Tips pertama agar tetap tenang saat sidang, yakni cari tahu latar belakang pengujimu. Tentu sangat penting untuk mencari informasi siapa sih penguji sidangmu. Kamu cari informasi sebanyak mungkin, mulai dari bagaimana dia menguji, bagaimana dia mengajar. Apakah dia tipe penguji yang galak atau tidak.

Foto : unsplash.com
Ada baiknya kamu juga ajak dia mengobrol. Sebisa mungkin ciptakan hubungan yang baik. Jika kamu sudah kenal, kamu akan lebih rileks jika berbicara dengannya. Hal itu juga berpengaruh pada sidangmu nanti.
2. Memperhatikan Sidang Skripsi Sebelumnya
Jika sidang di kampusmu bersifat terbuka, itu adalah kesempatanmu untuk dapat melihat sidang-sidang orang lain. Karena jika kamu terbiasa menyaksikan hal yang akan kamu hadapi, kamu akan banyak mengambil pelajaran. Selain itu kamu juga tidak akan kaget saat giliranmu nanti tiba.
Kamu perhatikan dengan baik, pelajari apa saja yang harus dilakukan saat sidang. Seperti apa saja peraturannya, bagaimana membuka presentasi, apa saja pertanyaan-pertanyaan penguji. Hal itu bisa menambah persiapanmu, untuk menghadapi sidang nanti ya gengs!

Foto : unsplash.com
3. Gunakan Pakaian yang Sederhana Tapi Rapi
Khususnya untuk para mahasiswi, tidak usah berdandan terlalu berlebihan. Karna kalau pakaianmu terlalu bagus, dandanmu terlalu mencolok, kamu akan menjadi pusat perhatiannya. Orang akan cenderung lebih banyak melihatmu, dibanding melihat isi sidangmu.
Tentu saja dilihat oleh banyak mata, malah semakin membuatmu tegang. Jadi tips ketiga saat sidang nanti, pakailah pakaian formal sederhana dan rapi, supaya kamu juga nyaman.
4. Sampaikan Materimu Dengan Sederhana
Biasanya orang yang merasa pintar, akan melebih-lebihkan pembahasan tentang skripsinya. Jika kamu orang yang seperti itu, sebaiknya jangan melakukan itu ya gengs. Bisa saja pembahasanmu yang berlebihan, justru akan mematikanmu.

Foto : unsplash.com
Sampaikan saja materi dengan apa adanya dan lugas. Yang terpenting kamu benar-benar memahami apa itu isinya. Agar pertanyaan yang keluar dari penguji bisa kamu cerna dengan baik.
Itu beberapa tips supaya kamu tidak terlalu tegang saat skripsi. Mungkin masing-masing orang berbeda-beda, untuk mengurangi rasa tegangnya. Tapi tidak ada salahnya, jika kamu mencoba tips-tips di atas, ya gengs!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done