3 Makanan Indonesia Ini Diakui UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 7 July 2020

3 Makanan Indonesia Ini Diakui UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia

Portalgenz.com – Sebagai orang Indonesia, tentunya kita patut berbangga dengan kekayaan kuliner yang dimiliki. Saking kayanya, setiap daerah memiliki kuliner khasnya sendiri dan pastinya mempunyai keunikannya tersendiri. Hal ini sepertinya juga dilirik oleh komite bernama The Committee for the Safeguarding of Intagible Cultural Heritage yang berada dibawah naungan UNESCO, karena 3 makanan asal Indonesia ini dianggap istimewa dan unik sehingga masuk ke dalam Warisan Budaya Dunia lho!

1. Lumpia

Foto: whatsnewindonesia.com

Makanan khas Semarang ini ditetapkan sebagai kuliner warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2014. Lumpia adalah makanan ringan yang terbuat dari lapisan tipis gandum yang diisi dengan aneka daging dan sayuran. Walaupun Lumpia mulanya berasal dari Tiongkok, makanan ringan ini sudah mengalami modifikasi secara turun-menurun sehingga sesuai dengan lidah orang Indonesia.

2. Rendang

Foto: kongkrit.com

Jadi makanan terlezat di dunia, Rendang juga ditetapkan oleh UNESCO sebagai Kuliner Warisan Budaya Dunia. Makanan khas Minangkabau ini terbuat dari daging yang dimasak dengan santan dan berbagai macam rempah sampai kuahnya kering. Rendang diyakini sudah ada sejak tahun 1550 M, dan terbentuk atas dasar siasat manusia pada masa itu agar bisa mengawetkan daging yang tahan lama untuk persediaan makanan.

3. Tempe

Foto: id.wikipedia.org

Walaupun terkesan sebagai makanan murah, tempe juga diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia lho! Tempe adalah makanan yang terbuat dari biji kedelai yang difermentasi. Makanan asli Indonesia ini terkenal kaya akan gizi dan berbagai vitamin yang bermanfaat untuk tubuh, dan sering dijadikan berbagai macam olahan masakan yang lezat.

Itu dia 3 kuliner asli Indonesia yang diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia. Ketiga makanan ini sebelumnya juga sudah terkenal di kancah internasional sebagai masakan asal Indonesia yang lezat lho! Diantara ketiga kuliner ini, makanan apa yang paling kamu suka? Tinggalkan jawabanmu di kolom komentar ya!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done