4 Wisata “Tersembunyi” yang Seru Dijelajahi di Gunung Salak - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Saturday, 25 July 2020

4 Wisata “Tersembunyi” yang Seru Dijelajahi di Gunung Salak

Portalgenz.com – Selain terkenal karena talas dan kondisi alamnya yang sering hujan, Bogor juga tersohor karena dikelilingi oleh gunung-gunung yang indah. Salah satunya adalah Gunung Salak, yang berada di sebelah barat daya Kabupaten Bogor. Ternyata selain hiking, terdapat banyak tempat wisata lainnya yang bisa ditelusuri di Gunung Salak lho! Penasaran apa saja? Simak rangkumannya berikut ini.

1. Curug Cigamea

Foto: travel.detik.com

Sebenarnya terdapat enam air terjun yang berada di kawasan ini, tetapi Curug Cigamea adalah primadonanya! Curug Cigamea terletak di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. 

Curug yang berada di lereng Gunung Salak ini menawarkan air terjunnya yang indah, lengkap dengan panorama pemandangannya yang masih sangat asri. Serunya lagi, disini sobatgenz juga dapat melihat sekumpulan monyet ekor panjang yang hidup liar di sekitar curug ini. Seru banget ya!

2. Suaka Elang Loji

Foto: koran-sindo.com

Suaka Elang Loji terletak di Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Kampung Loji, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Persis seperti namanya, Suaka Elang Loji merupakan pusat konservasi spesies raptor yang terancam punah, seperti elang jawa dan jenis burung pemangsa lainnya.

Di Suaka Elang Loji, sobatgenz dapat melihat banyak jenis burung pemangsa yang diselamatkan, dikembangbiakan, hingga dilepas ke alam bebas. Agar sensasi berpetualang semakin terasa, sobatgenz juga bisa berkemah disini lho!

3. Pura Parahiyangan Agung Jakatkarta

Foto: indonesiakaya.com

Siapa sangka bahwa di kaki Gunung Salak terdapat pura kedua terbesar di Indonesia? Yap, pura ini bernama Parahyangan Agung Jakarkarta, dan terletak di Ciapus, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Konon lokasi pura ini dikarenakan Kerajaan Pakuan Pajajaran Sunda pernah berdiri di lokasi ini. Konon katanya, di lokasi itulah Prabu Siliwangi berkumpul bersama prajuritnya. Maka jangan heran jika melihat candi dengan patung macan berwarna putih dan hitam di pura seluas 3.5 hektar ini.

4. Kampung Budaya Sindang Barang

Foto: pegipegi.com

Masih berada di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, terdapat sebuah kampung tertua di Bogor yang sudah ada sejak abad ke-12. Adalah Kampung Budaya Sindang Barang, perkampungan Sunda yang kaya akan sejarah, dan masih mempertahankan kebudayaannya sejak zaman Kerajaan Sunda. Konon katanya, penduduk asli Sindang Barang merupakan keturunan raja-raja Padjajaran.

Disini, sobatgenz dapat melihat rumah ketua adat yang masih tradisional yang disebut Imah Gede. Selain itu terdapat pula rumah penyimpanan padi yang disebut Leuit, dan penginapan untuk tamu terhormat yang disebut Bale Pesanggrahan. Tak hanya itu, di kampung budaya ini sobatgenz juga dapat menyaksikan delapan kesenian asli Sunda yang telah direvitalisasi dan dilestarikan oleh penduduknya.

Itu dia rangkuman empat wisata “tersembunyi” yang seru untuk dijelajahi di Gunung Salak. Keempat wisata ini bisa menjadi alternatif pilihan sobatgenz jika ingin mencoba sensasi lain berlibur ke gunung selain hiking. Kalau begitu tunggu apalagi, yuk ke Gunung Salak!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done