5 Cara Mengobati Cantengan di Rumah dengan Mudah - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Saturday, 4 July 2020

5 Cara Mengobati Cantengan di Rumah dengan Mudah

Halodoc.com

Portalgenz.com - Apakah kamu pernah merasa cantengan? Selain mengganggu penampilan, cantengan juga tentunya terasa sakit dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Cantengan sendiri merupakan kondisi di mana kuku tumbuh ke bagian dalam atau masuk ke daging. Kondisi tersebut menyebabkan infeksi dan bengkak yang disertai rasa sakit.

Meskipun terlihat sepele namun kamu tidak boleh membiarkan penyakit ini ya. Tanpa pergi ke dokter ternyata cantengan juga bisa diobati di rumah lho. Berikut ini merupakan 5 cara mengobati cantengan di rumah dengan mudah yaitu,

1. Merendam Kuku dalam Air Hangat

Pixabay.com

Cantengan bukan hanya terjadi pada kaki tetapi bisa pada tangan juga. Salah satu cara untuk mengobati kuku cantengan dengan mudah yaitu dengan merendamnya di air hangat. Kamu juga bisa mencampurkan air hangat dengan sabun agar kuku tetap bersih selama perendaman.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan garam untuk menambah kenyamanan ketika berendam. Agar hasilnya lebih baik kamu bisa proses ini sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

2. Rendaman Cuka Apel

Pixabay.com

Selain air hangat yang ditambahkan garam atau sabun, kamu juga bisa merendam kuku mu dengan rendaman cuka apel. Tambahkan cuka apel dalam air hangat lalu rendam kaki mu selama 20-30 menit. Cuka apel memiliki kandungan anti nyeri antiseptik serta anti radang yang dipercaya efektif membantu mengatasi infeksi kuku

3. Memakai Gulungan Kapas Kecil

Halodoc.com

Cara yang bisa kamu lakukan ketika cantengan yaitu dengan menggunakan gulungan kapas kecil di antara kulit jari kaki dengan kuku. Hal ini dilakukan untuk memberi jarak antara kulit dengan kuku yang terinfeksi.

Sebelum diselipkan ada baiknya kamu merendam kapas kecil tersebut ke cairan antiseptik. Untuk mengurangi rasa sakit kamu juga bisa merendam kaki di air hangat yang dicampur garam. Metode ini memudahkan kamu untuk memotong kuku dan mengeluarkan nanah dari kulit yang terinfeksi. Kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

4. Tea Tree Oil

Pixabay.com

Cantengan biasanya menumbuhkan kuku yang tebal dan keras dan menimbulkan rasa nyut-nyutan. Sebelum dipotong kamu harus menggunakan kuku ini tersebut menggunakan tea tree oil. Minyak ini juga dapat melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur.

5. Hindari Memakai Sepatu

Pixabay.com

Jika kaki sedang cantengan ada baiknya tidak memakai sepatu, karena hanya akan membuat kaki terasa sakit. Terlebih jika alas yang kamu gunakan berupa high heels maupun sepatu yang sempit.

Itulah 5 cara mengobati kuku cantengan di rumah. Jadi kalau cantengan segera diobati ya agar tidak menimbulkan masalah.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done