5 Kuliner Legendaris Bogor yang Tak Lekang Oleh Waktu - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 10 July 2020

5 Kuliner Legendaris Bogor yang Tak Lekang Oleh Waktu

Portalgenz.com – Bicara soal Bogor memang tidak ada habisnya yaa gengs, mulai dari budaya, sejarah, event-event yang sering dilaksanakan di Bogor, sampai kulinernya sangat seru untuk dijelajahi. Sejak dulu Kota Hujan sudah dikenal oleh banyak kalangan sebagai surganya kuliner, dengan berbagai macam pilihan kuliner dan citarasanya yang menggoyang lidah. 

Jika sobatgenz ingin wisata kuliner di Kota 1000 Angkot ini, jangan lupa mampir ke 5 kuliner legendaris ini! Meski hanya berjualan secara sederhana di pinggir jalan, citarasa 5 kuliner ini tak pernah berubah, tak lekang oleh waktu, bahkan semakin laris!

1. Cungkring Pak Jum’at

Foto:  travel.kompas.com

Ini dia kuliner sarapan yang legendaris di Jalan Suryakencana! Sekilas nama makanan ini mungkin kurang menggiurkan, tapi jika dicoba dijamin rasanya bikin nagih. Saat ini Cungkring sudah bisa dikatakan hampir ‘punah’ karena semakin sulit dicari, tapi hebatnya Cungkring Pak Jum’at tetap bertahan sejak tahun 1975 hingga sekarang lho!

Dalam bahasa Sunda, Cungkring memiliki arti kikil sapi. Seperti namanya, makanan ini terdiri dari kikil sapi yang dimasak di bumbu kuning, kemudian disantap dengan lontong, tempe goreng dan rempeyek, lalu disiram dengan bumbu kacang mirip sate. Tak perlu merogoh kocek dalam untuk mencicipi kuliner legendaris ini, karena hanya dibanderol Rp. 3.000 per lontong dan Rp. 6.000 per lauk.

2. Soto Kuning Pak Yusuf

Foto:  pergikuliner.com

Ke Bogor rasanya belum afdol jika belum menyantap soto kuning khas Bogor, bukan? Masih di Jalan Suryakencana tepatnya di Gang Aut, terdapat warung soto kuning legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1977 bernama Soto Kuning Pak Yusuf.

Walaupun tampilan luarnya sederhana layaknya warung kaki lima pada umumnya, tapi soal rasa tak perlu diragukan lagi! Irisan daging sapi yang melimpah dengan berbagai isian soto lainnya disiram dengan kuah kuning yang gurih dan lezat menjadi keistimewaan dari Soto Kuning Pak Yusuf. Maka tak heran, jika hampir setiap hari pengunjung rela mengantre demi menyantap semangkok soto kuning khas Bogor yang legendaris ini!

3. Es Bir Kotjok Si Abah

Foto:  idntimes.com

Masih di Gang Aut Jalan Suryakencana, terdapat sebuah gerobak menjajakan bir yang bukan sembarang bir! Namanya adalah Es Bir Kotjok Si Abah, bir favorit warga Bogor sejak tahun 1965. 

Meski namanya bir, tetapi bir ini 100% halal kok! Es bir kotjok ini terbuat dari jahe, kayu manis, dan gula aren yang dikocok dan ditambah es. Hanya dibanderol Rp. 5.000 per gelasnya, sobatgenz sudah bisa meneguk segarnya Es Bir Kotjok Si Abah ditengah teriknya Kota Bogor di siang hari!

4. Martabak Encek

Foto:  travelingyuk.com

Jangan buru-buru beranjak dari Jalan Suryakencana, karena di seberang Gang Aut terdapat sebuah gerobak yang menjajakan martabak unik nan legendaris bernama Martabak Encek. Saking legendarisnya, martabak yang sudah ada sejak tahun 1965 ini sudah dipadati oleh pembeli sebelum warung martabak ini buka lho!

Yang membuat Martabak Encek spesial dari martabak lainnya terletak pada proses memasaknya yang masih menggunakan arang, sehingga citarasa yang dihasilkan tentu berbeda dengan martabak pada umumnya. Dibanderol mulai dari Rp. 40.000 – Rp. 55.000, Martabak Encek memiliki berbagai varian rasa seperti cokelat, kacang dan keju.

5. Sop Buah Pak Ewok

Foto:  ksmtour.com

Belum afdol rasanya berkunjung ke Bogor jika belum mencicipi semangkok sop buah yang segar dan legendaris di Sop Buah Pak Ewok! Sudah ada sejak tahun 80-an, Sop Buah Pak Ewok saat ini sudah mempunyai 2 cabang dengan tempat yang cozy, yakni di samping IPB Baranangsiang dan di Jalan Haur Raya. Uniknya, sop buah yang ditawarkan disini memiliki berbagai macam rasa, mulai dari sop buah susu, sop buah jeruk, sop buah yoghurt, hingga sop buah duren. Tak hanya sop buah, sop duren Pak Ewok juga nendang banget rasanya dan wajib dicoba!

Selain sop buah dan sop duren, Sop Buah Pak Ewok juga menjajakan berbagai makanan dan camilan yang tak kalah lezatnya, mulai dari nasi timbel, nasi soto, batagor, cuanki, makaroni panggang, dimsum, hingga roti cane.

Itulah ulasan mengenai 5 kuliner legendaris Bogor yang tak lekang oleh waktu, dan pastinya citarasanya yang tak pernah berubah meski sudah berganti zaman. Kalau sobatgenz berkunjung ke Bogor, jangan lupa mampir ke 5 kuliner legendaris ini ya!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done