Ada Yang Tahu Tentang Butterfly Hug? Mari Kita Bahas! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Wednesday, 1 July 2020

Ada Yang Tahu Tentang Butterfly Hug? Mari Kita Bahas!

Foto : unsplash.com

Portalgenz.com - Para penggemar drama korea pasti tahu drama baru yang sedang trending ini kan, apalagi kalau bukan “It's Ok Not To Be Okay”. Drama ini bertemakan healing romance yang menggabungkan cerita romantic, dengan topik-topik tentang kesehatan mental. Drama ini resmi dirilis episode pertamanya pada tanggal 20 Juni 2020.
Pada episode kedua, terdapat adegan yang dinamakan Butterfly Hug. Untuk orang-orang yang bekerja didunia psikologi atau kesehatan jiwa, pasti tidak asing lagi dengan sebutan Butterfly Hug. Sebab ternyata Butterfly Hug ini bagus loh untuk ketenangan jiwa. Yuk langsung bahas saja apa itu Butterfly Hug berikut!
Pengertian Butterfly Hug
Foto : unsplash.com
Ini merupakan salah satu sebutan untuk teknik psikoterapi dasar yang bisa digunakan untuk menenangkan kemarahan. Teknik ini dikenalkan oleh Ignacio Jarero dan Lucina Artigas. Teknik ini digunakan pertama kali oleh para korban Badai Puline di Meksiko.
Dengan menggunakan Teknik ini, bisa menghasilkan respon yang cukup baik. Para korban mampu mengatasi trauma mereka lewat teknik ini. Menurut Chitra Annisya, si Psikolog Anak dari Tiga Generasi menganggap bahwa Butterfly Hug merupakan teknik stimulasi bilateral yang berfungsi untuk menenangkan diri.
Manfaat Butterfly Hug

Foto : unsplash.com
Teknik Butterfly Hug ini bisa digunakan untuk mengurangi kecemasan dan menenangkan emosi. Kamu bisa menerapkan teknik ini jika kamu merasa sedang panik dan sering cemas. Tapi sebelum melakukannya, sebaiknya kamu konsultasi dulu dengan yang ahli jika gangguanmu cukup parah.
Bisa dibilang Butterfly Hug merupakan pertolongan pertama saat emosimu sedang tidak stabil. Menurut Chitra, pakar psikolog anak, menyebut bahwa Butterfly Hug merupakan salah satu teknik yang bisa digunakan untuk penanganan trauma dan mampu menstabilisasi emosi dalam jangka yang panjang.
Cara Melakukan Butterfly Hug

Foto : unsplash.com
Kamu bisa melakukan teknik ini sendirian dirumah, atau kamu juga perlu mengajak anggota keluargamu untuk melakukannya bersama ya gengs. Pertama kamu silangkan kedua tangan di dada. Kemudian tepuk kedua tangan seperti gaya kepakan kupu-kupu.
Kamu lakukan gerakan tersebut sambil menarik napas dan menghembuskannya secara perlahan. Lakukanlah gerakan tersebut berulang-ulang sampai kamu merasa emosi dan pikiranmu tenang. Mungkin hampir sama seperti yoga, namun cara ini sepertinya lebih mudah dan bisa dilakukan dimana saja.
Udah paham kan Butterfly Hug itu apa? Sekarang giliran kamu yang mencobanya. Ingat semakin bertambahnya usia, maka emosi kita harus semakin terkendali ya gengs. Terapi ini mungkin bisa membantumu mengurangi amarahmu, semoga bermanfaat!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done