Begini 5 Cara Bersihkan Kotoran Telinga yang Benar. Jangan Pakai Cotton Bud! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, 2 July 2020

Begini 5 Cara Bersihkan Kotoran Telinga yang Benar. Jangan Pakai Cotton Bud!

Image source: pixabay.com

Portalgenz.com - Jangan biarkan kotoran telinga mu tidak dibersihkan dan terus menumpuk. Karena hal tersebut menyebabkan gangguan pendengaran. Tapi untuk membersihkan kotoran telinga pun diperlukan beberapa cara yang baik dan benar. Hindari pemakaian katenbad karena hal tersebut hanya akan memasukkan kotoran telinga lebih dalam.

Untuk mengetahui lebih jelas, berikut ini merupakan 5 cara membersihkan kotoran telinga yang benar. Diantaranya adalah:

1. Hindari Penggunaan Lilin Telinga

Image source: pixabay.com


Apakah kamu pernah mendengar lilin telinga? Yaitu metode yang katanya dapat membersihkan kotoran telinga menumpuk. Mukanya metode ini tidak direkomendasikan oleh para dokter karena tidak efektif mengangkat kotoran telinga dan justru membahayakan. Penggunaan lilin telinga menyebabkan cedera seperti saluran telinga tersumbat dan kulit telinga terbakar.

2. Menggunakan Obat Tetes Telinga

Image source: pixabay.com

Ada beberapa obat tetes telinga yang berfungsi untuk membersihkan telinga dari kotoran yang menumpuk. Untuk mendapatkan obat ini kamu bisa membelinya di toko obat atau apotek. Obat ini berfungsi untuk melunakan gumpalan sehingga kotoran telinga mudah dikeluarkan. Kamu bisa memilih obat telinga yang mengandung minyak bayi atau gliserin atau hidrogen peroksida. Biarkan obat ini meresap bagian dalam telinga selama 2-3 hari.

 3. Teteskan Air Hangat

Image source: pixabay.com

Setelah menggunakan obat tetes telinga, kamu bisa meneteskan air hangat ke bagian telinga yang bermasalah. Caranya cukup memiringkan kepala lalu meneteskan air ke saluran telinga yang bermasalah, setelah itu miringkan kembali kepala ke sisi lain agar kotoran telinga keluar. Keringkan air dari saluran telinga lalu menggunakan handuk hingga benar-benar kering. Namun kamu jangan coba-coba menggunakan cara ini jika telingamu sedang infeksi.

4. Pergi ke Dokter

 Image source: pixabay.com

Jika kotoran telinga mu terlalu menumpuk dan sulit dikeluarkan kamu bisa pergi ke dokter untuk berkonsultasi. Dokter akan mengatasinya dengan alat sedot bernama suction. Mungkin dokter akan merekomendasikan irigasi telinga atau pengaliran air menggunakan tekanan rendah.

5. Menggunakan Obat dari Dokter

Image source: pixabay.com

ketika kamu pergi berkonsultasi, mungkin kamu akan diberikan obat khusus untuk membersihkan kotoran telinga. Tentunya kamu harus menggunakan obat ini  sesuai dengan anjuran dokter untuk membersihkan kotoran telinga yang menumpuk.

Itulah 5 cara membersihkan kotoran telinga yang baik dan benar. Meskipun terlihat sepele tetapi kamu harus melakukannya dengan baik agar tidak menimbulkan berbahaya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done