Demam Korea? Coba Masak Jjajjangmyeon di Rumah Yuk! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, 16 July 2020

Demam Korea? Coba Masak Jjajjangmyeon di Rumah Yuk!


Foto: aromasian.com

Portalgenz.com – Demam Korea yang melanda rasanya sangat sulit untuk dihindarkan. Mulai dari musik, drama, variety show, hingga makanan khas negeri ginseng ini selalu menarik untuk ditelusuri. 

Kalau sobatgenz sering menonton drama dan variety show Korea, pasti sudah gak asing lagi sama Jjajangmyeon. Yap, mie hitam khas Korea ini sering muncul dan disantap oleh para pemain drama dan variety show Korea. Melihat mereka menyeruput kenyalnya mie Jjajangmyeon kelihatannya enak banget dan jadi bikin ngiler ya, gengs. 

Jangan terlalu banyak ngiler, karena Jjajangmyeon juga bisa dibuat di rumah lho! Resep ini sangat mudah untuk dipraktekkan, dan rasanya sesuai dengan lidah orang Indonesia. Penasaran? Dilansir dari channel Youtube Yackikuka, catat resepnya dibawah ini yuk!

Bahan-bahan
150 gram mie / spaghetti berukuran kecil
2 buah paha ayam
2 butir bawang putih
1 buah kentang
½ - 1 buah bawang bombay
12-15 sdm kecap manis
3-5 sdm kecap asin
2 sdm minyak wijen
200-300 ml air
Secukupnya minyak kulit ayam / minyak goreng
Secukupnya tepung maizena
Secukupnya zucchini / timun lokal / bawang daun

Cara Membuat
  1. Ambil potongan paha ayam, lalu sisihkan kulit, minyak, dan tulang dari daging. Kemudian potong daging ayam hingga kecil-kecil.
  2. Ambil bawang putih, lalu iris kecil-kecil. Kemudian ambil kentang dan bawang bombay, lalu potong menjadi dadu kecil-kecil.
  3. Siapkan wajan, lalu sangrai kulit ayam untuk mengeluarkan minyaknya. Jika minyak kulit ayam sudah keluar, keluarkan kulit ayam dari wajan. Tetapi jika suka dengan kulit ayam, tidak perlu dikeluarkan dari wajan.
  4. Tumis bawang putih dengan minyak kulit ayam. Lalu masukkan daging ayam, kemudian tumis sebentar dan bumbui dengan kecap manis dan kecap asin. Masak dengan api sedang hingga bumbu meresap. 
  5. Masukkan kentang, lalu tambahkan air. Kemudian masak hingga kentang empuk.
  6. Masukkan bawang bombay, lalu masak sebentar.
  7. Masukkan minyak wijen, lalu masukkan pula campuran maizena dengan air. Tuang maizena secara bertahap hingga mendapatkan kekentalan yang diinginkan. Mulai dari tahap ini, masak dengan api kecil.
  8. Jika bumbu jjajjangmyeon sudah kental, angkat dan sisihkan.
  9. Siapkan panci, lalu rebus air. Masukkan garam kedalam air yang sudah mendidih, lalu masukkan mie. Rebus hingga lunak.
  10. Jika mie sudah lunak, angkat dan tiriskan.
  11. Letakkan mie kedalam piring saji, lalu tuang bumbu jjajjangmyeon keatas mie.
  12. Siapkan talenan, lalu iris zucchini tipis-tipis memanjang. Setelah itu letakkan irisan zucchini keatas jjajjangmyeon.
  13. Jjajjangmyeon sudah siap disajikan.
Foto: thetummytrain.com

Bagaimana resepnya, mudah bukan? Oiya, jika sobatgenz kurang suka dengan kentang, bisa diganti dengan sayur seperti zucchini, timun lokal, dan wortel. Paha ayam pun juga bisa diganti dengan dada ayam, atau olahan daging lainnya seperti bakso dan sosis. Sudah paham dengan resepnya, sekarang saatnya mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done