Gyeongbokgung Palace: Istana Kaya Sejarah yang Wajib Dikunjungi di Seoul - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, 16 July 2020

Gyeongbokgung Palace: Istana Kaya Sejarah yang Wajib Dikunjungi di Seoul

Foto: korea.net

Portalgenz.com – Selain terkenal dengan K-POP nya, Korea Selatan juga terkenal karena memiliki berbagai macam wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Ibukota Seoul sendiri mempunyai beragam objek wisata yang seru untuk ditelusuri. 

Dari sekian banyak wisata yang ada di Seoul, berkunjung ke Istana Gyeongbokgung atau Gyeongbokgung Palace tidak boleh dilewatkan. Saking indah dan megahnya istana ini, Gyeongbokgung juga sering dijadikan lokasi syuting drama historis Korea hits lho, seperti Rooftop Prince dan The Moon Embracing the Sun.

Istana Gyeongbokgung merupakan istana terbesar yang dibangun pada saat Dinasti Joseon, yakni sekitar tahun 1395. Sempat terkena musibah kebakaran pada saat Perang Imjin, Istana Gyeongbokgung mulai direnovasi kembali menyerupai bentuk semula pada masa kepemimpinan Heungseondaewongung dari tahun 1852-1919.

Foto: korea.net

Benteng megah dengan arsitektur tradisional Korea yang kental menyambut pengunjung ketika masuk ke Istana Gyeongbokgung. Nuansa kerajaan semakin terasa ketika melihat para penjaga istana memakai pakaian khas era Dinasti Joseon, lengkap dengan tombak pelindung yang selalu dibawa. 

Serunya lagi, pengunjung akan disuguhi pertunjukan upacara pembukaan dan penutupan Royal Palace Gates, lengkap dengan upacara pergantian penjaga istana. Upacara pergantian istana diadakan sebanyak tiga kali dalam sehari, yaitu pada pukul 10.00, 13.00, dan 15.00 waktu setempat, dan berdurasi sekitar 10-20 menit. 

Dari 30 lebih orang yang bertugas, ada yang bertugas sebagai penjaga istana, ada yang bertugas sebagai pengawal penjaga, pemegang bendera, pemegang tameng, sampai ada yang bertugas sebagai pemusik dengan memegang semacam drum dan gong.

Memasuki bagian dalam istana, terdapat bangunan utama istana yang megah bernama Geunjeongjeon. Bangunan ini merupakan ruangan takhta raja, dan biasanya dipakai untuk mengadakan rapat dengan para Menteri tentang kerajaan dan rakyatnya. Di Geunjeongjeon juga terdapat bangunan untuk ratu dan permaisuri, bangunan untuk putra mahkota, dan bangunan yang difungsikan sebagai dapur kerajaan.

Foto: seoultravelpass.com

Tak hanya sekadar melihat-lihat bangunan dan penampilan upacara saja, di Istana Gyeongbokgung pengunjung juga bisa mencoba pakaian tradisional Korea Hanbok lho! Dengan memakai Hanbok, pengunjung akan semakin merasakan sensasi menjadi keluarga kerajaan di Dinasti Joseon. 

Untuk mencoba Hanbok, sobatgenz harus menyewa dan membayar pakaian tradisional ini. Tetapi jika sedang beruntung, sobatgenz bisa menemukan tempat yang memberikan pinjaman Hanbok secara gratis! Berlatarkan bangunan Gyeongbokgung yang indah, jangan lupa foto-foto sambil memakai Hanbok disini ya!

Jika ingin berkunjung ke Istana Gyeongbokgung, pengunjung internasional diwajibkan membayar 3.000 won (sekitar Rp. 3.000) untuk dewasa, dan 1.500 won (sekitar Rp. 18.000) untuk anak berusia 7-18 tahun. Adapun Istana Gyeongbokgung buka setiap hari kecuali hari selasa, mulai dari jam 9 pagi hingga 5-6 sore tergantung musim.

Dengan nuansa kerajaan Dinasti Joseon yang kental sembari menulusuri budaya dan sejarah Korea, mengunjungi Istana Gyeongbokgung tak boleh dilewatkan jika sedang berwisata ke Seoul!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done