Hutan Mangrove PIK: Wisata Alam Ditengah Hiruk-Pikuk Jakarta - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, 30 July 2020

Hutan Mangrove PIK: Wisata Alam Ditengah Hiruk-Pikuk Jakarta

Foto: superadventure.co.id

Portalgenz.com – Meski terkenal dengan kota metropolitan yang dipenuhi mall dan gedung-gedung tinggi, Ibukota Jakarta ternyata juga memiliki wisata alam berupa hutan lho! Bukan sembarang hutan, hutan yang berada di Utara Jakarta ini adalah hutan mangrove yang juga dijadikan wisata alam bernama Taman Wisata Alam Angke Kapuk. 

Taman Wisata Alam Angke Kapuk yang juga sering disebut sebagai Hutan Mangrove PIK ini berada di Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara. Berbeda 180 derajat dengan hiruk-pikuk kota Jakarta, Hutan Mangrove PIK menawarkan suasana alam yang masih sangat asri, sejuk, dan tenang. Tak perlu khawatir, Hutan Mangrove PIK sudah mengedepankan konsep modern sehingga nyaman untuk dikunjungi.

Tidak hanya sekedar dijadikan destinasi wisata alam, nyatanya Hutan Mangrove PIK memiliki fungsi utama sebagai tempat menahan abrasi dari ombak laut yang berasal dari Laut Jawa. Selain itu hutan yang memiliki luas sekitar 99 hektar ini juga difungsikan sebagai konservasi pohon mangrove.

Foto: phinemo.com

Disini terdapat sejumlah aktivitas menarik yang seru untuk dicoba, mulai dari foto-foto aesthetic berlatarkan panorama hutan mangrove yang asri, wisata menanam mangrove, serta mengarungi sungai sambil menulusuri rimbunnya hutan mangrove dengan menyewa perahu dan kano. Tenang, harga yang dipatok masih cukup terjangkau kok, yakni Rp. 150.000 untuk wisata menanam mangrove, Rp. 250.000 per 6 orang untuk sewa perahu, dan Rp. 100.000 per 45 menit untuk sewa kano.

Selain itu Hutan Mangrove PIK juga menyediakan penginapan lho! Terdapat banyak pilihan yang ditawarkan untuk menginap dengan sensasi hutan mangrove yang indah, mulai dari camping ground, rumah tenda di atas air, hingga villa. Fasilitas penginapan ini dibanderol harga Rp. 300.000 per malam untuk camping ground, Rp. 450.000 per malam untuk rumah tenda di atas air, serta mulai dari harga Rp. 1.600.000 per malamnya untuk villa.

Teruntuk sobatgenz yang hobi foto-foto, poin ini harus diperhatikan nih. Pasalnya terdapat aturan khusus yang mengatur tentang perizinan foto di Hutan Mangrove PIK. Pihak pengelola tidak mengizinkan untuk membawa kamera lain selain kamera ponsel / HP. Tujuannya agar hutan ini masih terjaga kelestariannya. Tapi jika sobatgenz ingin melakukan acara foto-foto dengan menggunakan kamera professional, maka dikenakan biaya perizinan sebesar Rp. 1.000.000 yang berlaku untuk 7 orang.

Foto: sisternet.co.id

Untuk memasuki wisata alam ini, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000 per orangnya. Harga ini belum termasuk tiket parkir jika membawa kendaraan pribadi. Untuk sepeda motor dikenakan tarif Rp. 5.000 dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Dengan keasrian hutan mangrove yang masih sangat terjaga, Hutan Mangrove PIK bisa menjadi alternatif wisata yang dapat dikunjungi jika sedang ingin menghindari hiruk-pikuk kota dan jenuh akan padatnya aktivitas. Oiya, mengingat ini adalah wisata di hutan, jangan lupa untuk memakai pakaian dan sepatu yang nyaman ya!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done