Ini 5 Manfaat Mentimun Yang Baik untuk Kesehatan - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 3 July 2020

Ini 5 Manfaat Mentimun Yang Baik untuk Kesehatan

Pixabay.com

Portalgenz.com - pasti kamu sudah tidak asing dengan timun kan? Pasalnya makanan yang satu ini seringkali dijadikan lalapan maupun bahan masakan lainnya. Eits tapi kamu tahu nggak sih, ternyata mentimun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan lho.

Terlebih timun juga dapat mengobati beberapa penyakit tertentu. Hal tersebut tentunya sangat wajar ya, mengingat timun memiliki kandungan yang cukup banyak seperti zat alami lignan dan cucurbitacin. Nah berikut ini kami telah merangkum 5 manfaat timun bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah

1. Kaya Akan Vitamin untuk Kesehatan Tubuh

Pixabay.com

Untuk menjaga kesehatan tubuh diperlukan asupan vitamin yang cukup. Pasalnya mentimun memiliki vitamin yang cukup tinggi. Misalnya dalam satu timun mentah dengan kadar 300 gram, memiliki kandungan vitamin K yang tinggi dan kalori. Bukan hanya itu timun juga memiliki kandungan air hingga 96%. Tentunya kandungan tersebut baik untuk tubuh dan dapat menjaga kesehatan tubuh.

2. Meminimalisir Risiko Penyakit Kronis

Pixabay.com
Pastinya kamu tidak mau kan dari penyakit kronis. Nah untuk meminimalisir risiko terkena penyakit kronis kamu bisa mengkonsumsi timun. Pasalnya timun memiliki kandungan antioksidan yang kaya seperti flavonoid dan tanin. Antioksidan tersebutlah yang menghambat oksidasi atau radikal bebas.

3. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Pixabay.com

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya bahwa mentimun memiliki kandungan cairan yang cukup banyak dan pastinya cukup memenuhi cairan dalam tubuh. Bukan hanya dengan minum air putih saja, melainkan mengkonsumsi buah dan sayuran seperti timun juga mampu memenuhi dehidrasi tubuh.

4. Menurunkan Berat Badan

Pixabay.com

Siapa sangka ternyata sayuran hijau yang satu ini dapat menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan timun memiliki kalori yang rendah. Jadi timun sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalankan diet nih.

5. Mengontrol dan Menurunkan Gula Darah

Pixabay.com

Kulit timun dipercaya efektif untuk mengurangi stres oksidatif serta mencegah komplikasi diabetes. Meskipun begitu penelitian ini masih terus dilakukan lebih lanjut. Namun tak ada salahnya kan bila kamu mengkonsumsi timun.

Nah itulah 5 manfaat timun untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Jadi jangan anggap remeh manfaat timun ya guys!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done