Ini 5 Penyebab Telinga Berdenging - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Saturday, 4 July 2020

Ini 5 Penyebab Telinga Berdenging

Pixabay.com

Portalgenz.com - pastinya kamu pernah merasakan telinga berdenging kan? Namun tahukah kamu Ternyata telinga berdenging merupakan gejala akibat adanya sumbatan maupun infeksi dalam telinga. Tentunya telinga berdenging membuat kamu menjadi tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Nah oleh sebab itu, kamu harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab telinga berdenging.

Daripada penasaran, berikut ini kami telah merangkum 5 penyebab telinga berdenging yang harus kamu ketahui diantaranya yaitu,

1. Terpapar Suara Keras

Pixabay.com


Sebagian besar masalah telinga berdenging dikaitkan dengan gangguan pendengaran akibat suara bising. Terlebih jika kamu mendengar suara bising secara terus-menerus yang mengakibatkan kerusakan di organ telinga dalam. Nah apa aja sih suara bising yang umum menyebabkan telinga berdenging? Salah satunya adalah konser musik.

Beberapa pekerja yang umum terkena penyakit telinga berdenging yaitu musisi, pilot maupun kuli bangunan karena mereka sering mendengar atau terpapar suara keras.

2. Kotoran Telinga yang Menyumbat


Pixabay.com

Penyumbatan telinga ternyata dapat mempengaruhi kondisi telinga menjadi berdenging. oleh sebab itu kamu tidak boleh membiarkan kotoran telinga menumpuk dan mengeras. Karena hal tersebut menyebabkan iritasi pada gendang telinga yang menyebabkan telinga berdenging.

3. Infeksi Telinga

Pixabay.com

Infeksi telinga yang terjadi di bagian tengah atau yang biasa disebut dengan otitis media menjadi salah satu penyebab telinga berdenging. Biasanya ketika infeksi telinga sudah sembuh maka telinga berdenging pun sudah tidak dirasakan.

Jika kamu mengalami kondisi ini kamu bisa pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jadi, Jangan anggap remeh kondisi telinga berdenging ya gengs!

4. Faktor Usia

Pixabay.com

Kehilangan pendengaran dapat terjadi karena faktor usia yang terus berlanjut, Salah satu gejala yang dirasakan yaitu telinga berdenging beserta kemampuan mendengar yang menurun. Nah kondisi ini disebut dengan presbikusis, yang biasanya terjadi mulai usia 60 tahun ke atas.

5. Menderita Penyakit Tertentu


Pixabay.com

Ada apa masalah kesehatan atau penyakit tertentu yang menyebabkan telinga berdenging misalnya penyakit jantung, tumor jinak pada saraf pendengaran, pembuluh darah, penyakit meniere, cedera pada kepala atau leher, tekanan darah tinggi, gangguan pada leher maupun rahang, serta gangguan tulang pendengaran.

Nah itulah 5 penyebab telinga berdenging yang harus kamu ketahui. Jika kamu merasa sakit pada telinga cobalah untuk mengunjungi dokter agar mendapatkan penanganan dengan baik sebelum terjadi komplikasi lebih lanjut.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done