Ini Dia 5 Makanan Favorit yang Sering Ada Saat Idul Adha! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Wednesday, 29 July 2020

Ini Dia 5 Makanan Favorit yang Sering Ada Saat Idul Adha!

Portalgenz.com – Tak terasa sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Idul Adha. Nuansa Sholat Idul Adha berjamaah yang dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban menjadi hal yang selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Tapi tidak hanya itu saja yang ditunggu, makanan-makanan khas Idul Adha pun juga sering dirindukan.

Sudah makin gak sabar ingin menyantap makanan-makanan yang biasa dimasak pada saat Idul Adha? Sambil menghitung hari menunggu Idul Adha tiba, baca ulasan mengenai makanan favorit yang sering disantap pada saat Idul Adha yuk! Siapa tau dari ulasan ini, sobatgenz juga menemukan rekomendasi masakan apa yang ingin dimasak pada saat Idul Adha nanti! 

1. Gulai Kambing

Foto: masakapahariini.com

Belum afdol rasanya jika belum menyantap Gulai Kambing pada saat Idul Adha. Terlebih karena daging kambing adalah salah satu daging yang paling sering didapat ketika Idul Adha tiba.

Hidangan ini berbahan dasar daging kambing yang diolah dalam kuah yang terdiri dari campuran berbagai rempah seperti kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, dan masih banyak lagi. Bumbu yang dibuat biasanya berwarna kuning dan kental, dan bercitarasa gurih. 

2. Tongseng

Foto: kitchenofindonesia.com

Masih seputar olahan daging kambing, ada Tongseng yang juga sering dihidangkan pada saat Idul Adha. Sekilas Tongseng memang cukup mirip dengan Gulai, bedanya Tongseng memiliki citarasa yang cenderung manis dibandingkan Gulai yang lebih bercitarasa gurih pedas.

Tak hanya dari rasa kuah, Tongseng juga memiliki isian yang lebih beragam daripada Gulai. Selain daging dan tulang iga kambing, Tongseng juga berisikan kol, tomat, dan daun bawang.

3. Sop Daging

Foto: befren.com

Jika sobatgenz kurang suka dengan makanan bersantan, Sop Daging bisa menjadi pilihan yang tepat! Sesuai dengan namanya, Sop Daging merupakan hidangan berbahan dasar daging sapi aau kambing, yang berpadu dengan kuah kaldu bening. Sop Daging juga bisa dibilang hidangan yang sehat, karena memiliki banyak isian sayuran seperti wortel, kentang, tomat, kol, daun bawang, dan lainnya. 

4. Rendang

Foto: kongkrit.com

Diakui sebagai makanan terlezat di dunia, Rendang sudah menjadi makanan yang tidak bisa dipisahkan dengan hari raya dan masyarakatnya. Selain menjadi ciri khas hidangan pada saat Idul Fitri, Rendang juga kerap dihidangkan ketika Idul Adha.

Makanan khas Sumatera Barat ini biasanya berbahan dasar daging sapi, kemudian dimasak dengan campuran santan dan berbagai jenis rempah-rempah selama berjam-jam hingga kering. Citarasanya yang sangat lezat membuat Rendang selalu menjadi hidangan primadona pada saat Idul Adha. 

5. Sate Kambing

Foto: notepam.com

Jika sobatgenz sudah bosan dengan hidangan kambing dengan kuah rempah, Sate Kambing adalah solusinya! Sebenarnya menyantap Sate Kambing tidak harus pada saat Idul Adha saja, karena masakan yang satu ini juga mudah ditemukan saat hari biasa. Tetapi Sate Kambing juga kerap dimasak pada saat Idul Adha.

Sate Kambing merupakan olahan daging kambing yang ditusuk dengan tusukan sate, kemudian dibakar dan dihidangkan dengan bumbu kacang dan kecap manis. Oiya, ketika memasak Sate Kambing, pastikan untuk membakarnya hingga matang sempurna ya!

Itu dia 5 makanan favorit yang sering ada pada saat Idul Adha. Kalau sobatgenz, makanan favorit apa yang selalu disantap setiap Idul Adha? Tuliskan jawabanmu di kolom komentar ya!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done