Intip Resep Sederhana Kimchi Fresh Asli Korea - PORTALGENZ
Berita Hari Ini
Loading...

Wednesday, July 22, 2020

Intip Resep Sederhana Kimchi Fresh Asli Korea

Foto: koreanbapsang.com

Portalgenz.com – Siapa yang tak tau kimchi? Hidangan populer asal Korea ini bagaikan sambal bagi orang Indonesia, belum afdol menyantap sesuatu tanpa memakan kimchi. Kimchi merupakan hidangan berbahan dasar sawi yang dicampur dengan gochugaru dan bumbu-bumbu lainnya. Kimchi sendiri memiliki banyak sekali jenis dan varian, mulai yang mudah hingga yang cukup sulit untuk dibuat. 

Jika sobatgenz tertarik untuk membuat kimchi di rumah, coba buat kimchi dari varian yang paling mudah dulu yuk! Namanya adalah Baechu Gotjori, jenis kimchi fresh yang bisa langsung disantap tanpa perlu proses fermentasi. Kimchi jenis ini sangat mudah dan cepat untuk dibuat, sehingga cocok banget untuk diterapkan di rumah. Dilansir dari akun Cookpad Irene, intip resep sederhana membuat kimchi fresh dan instan dibawah ini! 

Bahan-bahan
2 kg sawi putih
3 buah daun bawang besar
1 buah bawang bombai
3 sdm garam
1 cup gochugaru (bubuk cabe korea)
½ cup kecap ikan
4 sdm gula
10 siung bawang putih, cincang halus / tumbuk
½ ruas jahe, cincang halus / tumbuk
Secukupnya wijen

Cara Membuat
  1. Sobek sawi putih seukuran makan
  2. Tuang 3 sdm garam, lalu aduk hingga garam merata ke seluruh sawi putih (tidak perlu air). Biarkan sawi selama 1 jam, dan aduk setiap 30 menit sekali.
  3. Setelah 1 jam, buang air dan cuci bersih sawi. Tiriskan hingga semua air turun. Pastikan sampai sawi sudah bisa ditekuk / lentur.
  4. Siapkan wadah, lalu masukkan gochugaru, kecap ikan, gula, wijen, bawang putih yang sudah dicincang halus, dan jahe yang sudah dicincang halus. Aduk semua bahan hingga merata.
  5. Iris tipis daun bawang dan daun Bombay, kemudian masukkan ke dalam bumbu yang sudah tercampur rata. Masukkan sawi, lalu aduk semua bahan hingga rata.
  6. Jika rasa sudah pas, taburi wijen. Jika rasa yang diinginkan masih kurang sesuai, bisa ditambahkan garam, kecap ikan, atau gula sesuai selera.
  7. Kimchi sudah bisa langsung dinikmati. Simpan kimchi yang tidak dimakan ke dalam toples yang rapat, dan masukkan ke dalam kulkas.

Foto: pinterest.com

Mudah kan membuatnya gengs? Resep kimchi ini adalah jenis resep yang tidak memerlukan proses fermentasi pada saat pembuatannya, sehingga rasanya tidak terlalu kecut dan cocok dihidangkan dengan makanan apapun. Kalau begitu, selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done