Kondisi Kesehatan Dapat Dilihat dari Warna Urine? Begini penjelasannya, - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 3 July 2020

Kondisi Kesehatan Dapat Dilihat dari Warna Urine? Begini penjelasannya,

Image source pixabay.com


Portalgenz.com - Apakah kamu pernah memperhatikan warna urin? Tahukah kamu ternyata warna urine berbeda-beda bisa mencirikan kondisi kesehatan mu. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut ini merupakan penjelasan warna urine yang menandai kesehatan tubuhmu diantaranya yaitu:

1. Warna Urine Oranye


Apabila urine berwarna orange tersebut menandakan bahwa kondisi tubuh mu dehidrasi. Artinya tubuhmu kekurangan asupan cairan. Kondisi ini juga dapat terjadi ketika kamu sedang menjalani masa pengobatan yang mengharuskan mengkonsumsi phenazopyridine, antibiotik dan vitamin B2.

2. Warna Urine Kuning Pucat


Urine berwarna kuning pucat menandakan kondisi tubuhmu sedang normal. Meskipun begitu kamu harus mencukupi asupan cairan tubuh, agar tubuh tidak dehidrasi. Selain itu, warna urine yang terlalu kuning juga dapat disebabkan karena asupan vitamin b yang terlalu banyak.

3. Warna Urine Cokelat Tua


Dikutip dari sehatq.com.urine yang berwarna coklat tua menandakan kondisi tubuhmu dehidrasi atau merupakan efek samping dari obat. Selain itu warna ini juga menandakan penyakit hati dan akibat olahraga terlalu ekstrem atau kram otot

4. Warna Urine Merah Muda


Apakah kamu pernah mengalami kondisi urin berwarna merah muda? namun jangan panik dulu bisa saja hal tersebut disebabkan karena mengkonsumsi buah bit, wortel atau blueberry. Tetapi jika air urine yang dikeluarkan lebih kental bisa menandakan penyakit hematuria yaitu penyakit kencing darah.

Jika kamu mengalami kondisi ini ada baiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter. Bisa saja hal tersebut dikarenakan infeksi saluran kemih, tumor atau gagal ginjal

5. Warna Urine Hijau Kebiru-biruan


Bisa saja urine berwarna hijau kebiru-biruan karena kamu mengkonsumsi makanan berwarna. Namun jika kamu tidak merasa mengonsumsi makanan berwarna hijau, mungkin saja hal tersebut menandakan infeksi bakteri pseudomonas aeruginosa.

6. Warna Urine Keruh dan Keunguan


Jika kamu sudah mengalami warna urin keruh kamu perlu waspada. Bisa saja hal tersebut menandakan adanya penyakit kronis yang bersumber di ginjal. Urine berwarna keruh disertai busa merupakan gejala peradangan kantong usus besar.

Itulah beberapa warna urin yang bisa menandakan kondisi kesehatanmu. Jika kamu mengalami sakit atau perubahan warna urin, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah ada penyakit atau tidak.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done