Pastikan Kunjungi 5 Tempat Wisata Ini Jika Liburan ke Palembang! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 24 July 2020

Pastikan Kunjungi 5 Tempat Wisata Ini Jika Liburan ke Palembang!

Portalgenz.com – Sebagai salah satu kota terbesar di Pulau Sumatera, kota Palembang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain terkenal karena Pempeknya, Palembang menyimpan banyak sekali objek wisata yang seru untuk ditelusuri. Hal ini dikarenakan Palembang kerap menjadi saksi bisu berbagai sejarah, seperti keberadaan kerajaan Sriwijaya, kerajaan Buddha terbesar se-Asia Tenggara, kedatangan warga Tionghoa, dan salah satu pusat penyebaran agama Islam di Indonesia.

Kalau sobatgenz liburan ke Palembang, pastikan untuk mengunjungi 5 tempat wisata berikut ini ya!

1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi

Foto: wartawisata.id

Ini dia jembatan yang sudah menjadi ikon dan lambang kota Palembang. Dibangun pada tahun 1962 dan diresmikan oleh Presiden Soekarno, jembatan bernuansa warna merah ini menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang terpisahkan oleh Sungai Musi. Sungai Musi sendiri adalah sungai terpanjang di Sumatera.

Di sekitaran Jembatan Ampera, terdapat beberapa objek wisata yang bisa ditelusuri, seperti pasar yang merupakan pusat souvenir dan makanan, restoran terapung, benteng Kuto Basak, Kampung Arab, dan lainnya. Jika berkunjung kesini, jangan lupa mengabadikan foto berlatarkan jembatan ikonik ini ya!

2. Benteng Kuto Basak

Foto: genpi.co

Sudah disebutkan sebelumnya kalau terdapat Benteng Kuto Basak di sekitar Jembatan Ampera bukan? Yap, benteng bernuansa putih ini juga wajib disambangi. Pasalnya benteng ini sudah ada sejak ratusan tahun lamanya. Serunya lagi, setiap malamnya Benteng Kuto Basak diramaikan oleh pasar malam yang menjajakan aneka kuliner yang terkenal akan kelezatannya. 

Ditambah deretan lampu taman yang indah, lampu jembatan yang memantul dari permukaan sungai, semiwir angin yang sejuk, dan berlatarkan Jembatan Ampera yang ikonik, sobatgenz harus mencoba menghabiskan malam di benteng ini!

3. Pulau Kemaro

Foto: pegipegi.com

Berada di tengah Sungai Musi, terdapat sebuah pulau legendaris yang wajib dikunjungi bernama Pulau Kemaro. Disini terdapat sebuah klenteng terkenal yang sering didatangi oleh umat Buddha untuk sembahyang dan berziarah. Tak hanya itu, di Pulau Kemaro juga terdapat pagoda dengan sembilan lantai yang megah.

Tak hanya rumah ibadah, pulau ini juga tersohor karena kisah legenda percintaan antara seorang putri dengan pangeran dari Cina. Uniknya, terdapat sebuah pohon benama pohon cinta. Konon katanya jika sepasang kekasih mengukit nama mereka di pohon ini maka hubungan keduanya akan langgeng hingga ke pernikahan. Sobatgenz tertarik mencoba?

4. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Foto: bujangmasjid.blogspot.com

Wisata religi lainnya yang bisa dikunjungi adalah Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin. Masjid terbesar di Palembang ini memiliki perpaduan berbagai kebudayaan arsitektur, yaitu dari Indonesia, Eropa, dan Cina. Karena masjid ini merupakan salah satu peninggalan sultan, maka tak heran jika Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin dijadikan sebagai salah satu masjid nasional serta cagar budaya di Palembang.

Tak jauh dari masjid, terdapat 2 pasar yang menjual berbagai macam hal, mulai dari makanan, souvenir, kerajinan, hingga kain tenun.

5. Taman Kambang Iwak

Foto: pesonawisataindonesia.com

Tak hanya sekedar taman, Taman Kambang Iwak merupakan salah satu peninggalan sejarah sejak jaman penjajahan Belanda. Dulunya, taman ini diperuntukkan sebagai tempat rekreasi keluarga Belanda yang tinggal di sekitar Taman Kambang Iwak. Sekarang, taman yang memiliki luas 5 hektar ini menjadi taman yang sangat disukai oleh masyarakat Palembang. Fasilitas di Taman Kambang Iwak pun terbilang lengkap, mulai dari taman bermain anak, fasilitas hotspot gratis, keran air yang bisa langsung diminum, restoran, dan lainnya.

Itu dia 5 tempat wisata yang wajib dikunjungi jika sedang liburan ke Palembang. Semoga ulasan ini bisa menjadi rekomendasi sobatgenz untuk menyusun itinerary ke kota pempek ini ya! 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done