Pecinta Kuliner? 4 Gudeg Enak dan Terkenal ini Wajib Dicoba! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 14 July 2020

Pecinta Kuliner? 4 Gudeg Enak dan Terkenal ini Wajib Dicoba!

Portalgenz.com – Sobatgenz pasti sudah tidak asing dengan gudeg. Yap, kuliner asli kota pelajar ini selalu menjadi pilihan utama untuk wisata kuliner ketika bertandang ke Yogyakarta. Makanan yang memiliki citarasa paduan manis dan gurih ini terdiri atas nangka muda yang diolah menjadi gudeg, dan dikombinasikan dengan ayam suwir, telur rebus, tahu, tempe, dan krecek.

Karena belum afdol jika ke Yogya tidak menyantap gudeg, berikut ini dirangkum 4 warung gudeg terkenal dan enak yang wajib dicoba!

1. Gudeg Yu Djum

Foto: yukepo.com

Nama Gudeg Yu Djum sudah tersohor ke banyak wisatawan sebagai salah satu gudeg paling legendaris di Yogyakarta. Gudeg Yu Djum terkenal dengan citarasanya yang lezat, dimana resep dari gudeg ini sudah diberikan secara turun-temurun. Memasaknya pun masih mempertahankan cara tradisional, yakni menggunakan kayu bakar. 

Gudeg Yu Djum saat ini telah memiliki tujuh gerai yang tersebar di Yogyakarta. Dari ketujuh gerai ini, Gudeg Yu Djum di Jalan Wijilan dan Jalan Kaliurang adalah yang paling sering dipadati pengunjung. Karena sering dijadikan buah tangan oleh wisatawan, selain dapat langsung dimakan ditempat, Gudeg Yu Djum juga menyediakan kemasan besek dan kendil. Menu yang ditawarkan Gudeg Yu Djum pun bervariasi, mulai dari telur rebus, suwiran daging ayam, tahu, tempe, ampela, hingga potongan bagian tubuh ayam lainnya seperti dada, paha, dan kepala ayam. 

2. Gudeg Pawon

Foto: lifestyle.okezone.com

Jangan kaget bila melihat antrean yang cukup panjang ketika sampai ke Gudeg Pawon. Saking lezatnya, pengunjung rela menunggu demi menyantap gudeg legendaris yang hanya buka pada tengah malam ini! Gudeg yang sudah ada sejak tahun 1958 ini berada di Jalan Janturan No. 36, Umbulharjo.

Pawon memiliki arti dapur dalam bahasa Jawa. Seperti namanya, disini pengujung harus masuk ke dapur dan mengambil gudeg yang disediakan. Gudeg biasanya disajikan dengan ayam kampung dan sambal krecek yang pedas. Warung gudeg yang dimiliki oleh keluarga Sumarwanto ini masih menggunakan tungku kayu bakar sebagai alat memasaknya lho, sehingga citarasanya masih otentik dan lezat!

3. Gudeg Juminten

Foto: indonesia.tripcanvas.co

Gudeg ini juga patut disebut sebagai gudeg legendaris. Bagaimana tidak, Gudeg Juminten sudah ada sejak tahun 1926, dan saat ini sudah dikelola oleh tiga generasi. 

Gudeg Juminten berada di Jalan Asem Gede No. 14, Cokrodiningratan, Jetis. Ciri khas Gudeg Juminten terletak pada penggunaan gula jawa asli yang sehingga menghasilkan citarasa manis, dan kuah areh yang menghasilkan citarasa gurih. Teksturnya pun cukup kental, sehingga berbeda dengan gudeg-gudeg lainnya. 

4. Gudeg Mercon Bu Tinah

Foto: areakulinerblog.blogspot.com

Jika biasanya gudeg memiliki citarasa yang cenderung manis, gudeg yang satu ini memiliki citarasa yang pedas. Karena gudeg ini beda dari yang lain, maka tak heran jika warung gudeg yang sudah ada sejak tahun 1992 ini selalu dipadati oleh pengunjung sejak awal dibuka.

Gudeg Mercon Bu Tinah buka mulai dari jam 21.00, dan berada di Jalan Asam Gede No. 8, Cokrodiningratan, Jetis. Gudeg Mercon Bu Tinah menyediakan varian lauk seperti telur, ayam, jeroan, hingga berbagai macam pilihan sate.

Itulah rangkuman 4 gudeg terkenal dan enak yang wajib dikunjungi ketika sedang berada di Yogyakarta. Citarasanya yang lezat dan otentik menjadikan gudeg-gudeg ini menggugah selera sejak suapan pertama. Bagaimana, sudah siap kulineran gudeg di Yogya?

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done