Simak Syarat dan Tips Wisata ke Yogyakarta Saat New Normal - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, 23 July 2020

Simak Syarat dan Tips Wisata ke Yogyakarta Saat New Normal

Foto: id.wikipedia.org

Portalgenz.com – Yogyakarta dari dulu hingga kini selalu menjadi destinasi favorit para wisatawan untuk berwisata. Akan tetapi, pandemi Covid-19 yang melanda membuat sektor pariwisata di kota gudeg ini menjadi terhenti. New normal yang dicanangkan mulai dari bulan ini seakan menjadi angin segar bagi sektor pariwisata Yogyakarta untuk membuka kembali pariwisatanya, meskipun tetap harus mengikuti sejumlah protokol kesehatan yang berlaku.

Jika sobatgenz ingin berwisata ke Yogyakarta pada saat masa new normal seperti saat ini, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Dilansir dari idntimes.com, ini dia rangkuman syarat dan tips yang harus dilakukan agar bisa tetap nyaman dan aman selama jalan-jalan di Yogyakarta pada saat new normal.

1. Membawa Surat Sehat, Hasil Rapid Test, atau Hasil Swab Test

Foto: medcom.id

Surat sehat, hasil rapid test, atau surat hasil swab test adalah syarat utama yang harus sobatgenz bawa jika ingin liburan ke Yogyakarta. Surat sehat diperuntukkan bagi wisatawan yang datang dari wilayah berzona hijau dan kuning, hasi rapid test dari zona merah dan hitam, serta surat hasil swab test bagi wisatawan yang berasal dari luar negeri.

Meski begitu, pemerintah setempat meminta masyarakat yang berasal dari zona merah dan hitam sebaiknya tidak masuk ke Yogyakarta dulu, paling tidak hingga Agustus 2020.

2. Tidak Datang Secara Rombongan
Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan belum dapat menerima wisatawan yang datang secara rombongan dari luar daerah. Maka dari itu, sebaiknya datang sendiri atau hanya bersama keluarga inti saja ya!

3. Mengunduh Aplikasi Cared+ Jogja atau Jogja Pass

Foto: idntimes.com

Syarat utama lainnya adalah mengunduh aplikasi Cared+ Jogja atau Jogja Pass pada saat ingin memasuki Yogyakarta. Aplikasi ini akan menjadi “paspor digital” yang berfungsi untuk mempermudah penelusuran kontak apabila suatu saat muncul kasus wisatawan yang positif Covid-19.

Aplikasi Cared+ Jogja dan Jogja Pass dapat diunduh di Google Play Store, App Store, atau melalui laman https://cared-diy.jogjaprov.go.id.

4. Wajib Patuhi Protokol Pencegahan Covid-19

Foto: tirto.id

Seluruh wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta wajib mematuhi seluruh protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker, cuci tangan, jaga jarak minimal 1 meter, dan lainnya.

5. Membawa Hygiene Kit
Selain mematuhi seluruh protokol kesehatan yang berlaku, wisatawan juga wajib membawa hygiene kit seperti hand sanitizer, tisu basah, tisu kering, semprotan disinfektan, dan sabun cair. Bagi wisatawan muslim, sangat dihimbau untuk membawa alat sholat sendiri.

Itu dia ulasan mengenai syarat dan tips wisata ke Yogyakarta pada saat new normal. Jika sobatgenz tetap ingin berwisata di tengah kondisi new normal, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dan mematuhi seluruh protokol kesehatan yang berlaku ya!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done