Tak Hanya Pempek, 5 Kuliner Khas Palembang Ini Juga Wajib Dicoba! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 24 July 2020

Tak Hanya Pempek, 5 Kuliner Khas Palembang Ini Juga Wajib Dicoba!

Portalgenz.com – Kuliner apa yang pertamakali terbesit dipikiran sobatgenz jika mendengar kata Palembang? Mayoritas pasti akan menyebut pempek. Tidak bisa dipungkiri bahwa kelezatan pempek sebagai makanan khas Palembang sudah tersohor hingga ke penjuru negeri. Tapi kuliner khas Palembang nyatanya tidak hanya pempek aja lho! Masih ada banyak kuliner khas Palembang lainnya yang tidak kalah lezat dari pempek, dan pastinya wajib dicoba. Mau tau apa saja? Simak ulasannya dibawah ini yuk!

1. Tekwan

Foto: asiamedan.com

Di Palembang, terdapat hidangan bakso ikan yang lezat dan segar bernama Tekwan. Tekwan merupakan makanan olahan menyerupai bakso dengan bahan utamanya yang terbuat dari campuran ikan dan tepung tapioka. Biasanya Tekwan disajikan dengan bakso ikan, bihun, potongan jamur kuping, irisan bengkoang, dan irisan daun bawang, lalu disiram dengan kuah kaldu udang.

2. Mie Celor

Foto: manaberita.com

Kalau Aceh punya Mie Aceh, Palembang juga punya hidangan yang mirip dengan Mie Aceh bernama Mie Celor. Mie Celor terdiri atas mie, yang disajikan dengan telur rebus, tauge, kucai, dan daging udang, kemudian disiram dengan kuah santan kaldu ebi. Kuah santan kaldu ebi ini memiliki kuah yang kental dan rasanya yang gurih. Keunikan lainnya dari Mie Celor terletak pada ketebalan mie nya yang lebih tebal dibandingkan dengan mie telor pada umumnya.  

3. Laksan

Foto: inionline.id

Kalau sobatgenz penggemar pempek, maka kuliner yang satu ini juga wajib dicoba! Yap, Laksan memang mirip dengan pempek, dan sama-sama terbuat dari campuran ikan dan tepung sagu. Yang membedakan Laksan dengan pempek terletak pada kuahnya. Kuah Laksan adalah kuah bersantan dengan warna kemerahan, mirip seperti kuah lontong sayur. Perpaduan pempek dan kuah Laksan, rasanya lezat banget!

4. Pindang Patin

Foto: reseppedia.com

Ikan Patin merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak dikembangbiakkan di Palembang. Maka tak heran jika kuliner khas nya pun berasal dari ikan patin. Pindang patin terdiri dari ikan patin segar, jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, daun salam, serai, nanas, dan belimbing sayur. Rasanya yang gurih dan masam tentunya sangat cocok untuk disantap bersama dengan nasi hangat.

5. Tempoyak

Foto: id.tastemade.com

Kuliner unik khas Palembang yang satu ini juga wajib dicoba! Tempoyak adalah hidangan yang terdiri atas campuran daging durian yang ditumis dengan cabai dan bawang. Tempoyak biasanya disantap sebagai pelengkap makanan, mirip dengan sambal. Rasanya yang gurih dan unik dijamin membuat ketagihan!

Itu dia ulasan 5 kuliner khas Palembang yang wajib dicoba, khususnya bagi kamu pecinta kuliner. Jadi kalau sobatgenz berlibur ke Palembang jangan hanya datang ke tempat-tempat wisata saja, tapi sempatkan juga untuk wisata kuliner dan mencicipi kuliner-kuliner khas Palembang yang lezat ini ya!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done