Wisata Bersama Gajah di Taman Nasional Way Kambas - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 21 July 2020

Wisata Bersama Gajah di Taman Nasional Way Kambas

Foto:  indephedia.com

Portalgenz.com – Indonesia dianugerahi kekayaan flora dan faunanya yang luar biasa indah. Maka tak heran, jika terdapat berbagai taman nasional yang tersebar di berbagai daerah di tanah air yang bisa ditelusuri. Salah satunya adalah Taman Nasional Way Kambas, kompleks ekosistem hutan dataran rendah sekaligus rumah bagi ratusan gajah Sumatera.

Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah yang berada di Propinsi Lampung, tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Di taman nasional ini terdapat Pusat Konservasi Gajah (PKG), yang mengurusi mulai dari penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan, dan konservasi gajah Sumatera. Berpadu dengan deretan hutan dataran rendah, hutan rawa, hutan pantai, dan padang rumput, berwisata ke Taman Nasional Way Kambas tentu memberikan pengalaman tersendiri yang menyenangkan.

Foto:  viralisata.blogspot.com

Taman nasional ini pada awalnya didirikan pada tahun 1936 untuk pelestarian alam dan perlindungan bagi satwa-satwa yang tersebar di dataran Lampung, seperti badak Sumatera, harimau Sumatera, beruang madu, kijang, tapir, dan binatang-binatang lainnya. Kemudian pada tahun 1985 didirikan sekolah gajah pertama di Indonesia, yang berfokus pada konservasi gajah Sumatera.

Karena Taman Nasional Way Kambas terkenal dengan pusat konservasi gajahnya, tentu para gajah yang menjadi primadona di objek wisata alam ini. Disini, sobatgenz bisa mencoba berinteraksi langsung dengan para gajah, mulai dari menunggangi gajah sembari memandangi panorama hutan, melihat gajah-gajah bermain di padang rumput, menyaksikan tingkah lucu gajah saat dimandikan, hingga melihat para gajah berkeliaran di alam bebas. 

Foto:  tempatwisataseru.com

Serunya lagi, disini juga bisa menyusuri sungai dengan menaiki perahu motor. Dari atas perahu motor, sobatgenz bisa melihat flora dan fauna lainnya yang tersebar di hutan-hutan yang berada di kompleks taman nasional ini. Sungai yang disusuri ini nantinya akan melewati hutan rawa air tawar yang sangat indah, lengkap dengan flora khas hutan rawa dan burung-burung yang beterbangan di atas hutan. Sembari menikmati semilir angin yang sejuk, dijamin membuat sobatgenz melupakan sejenak padatnya rutinitas sehari-hari. 

Untuk berwisata ke Taman Nasional Way Kambas, pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 7.000 saja. Tetapi jika ingin menunggangi gajah, terdapat tarifnya tersendiri. Untuk menunggangi gajah dibanderol dengan harga Rp. 20.000, sedangkan jika ingin berpetualang dan jalan-jalan keliling hutan dengan gajah, harga yang dipatok sebesar Rp. 150.000. 

Tentu harga yang terjangkau untuk menikmati keeksotisan Taman Nasional Way Kambas bukan? Kalau begitu tunggu apalagi, yuk langsung rencanakan liburanmu kesini!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done