Wisata-Wisata Indonesia Ini Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 7 July 2020

Wisata-Wisata Indonesia Ini Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO!

Portalgenz.com – Menelisik wisata di Indonesia memang tak ada habisnya ya gengs? Segala jenis wisata bisa ditemukan di nusantara ini, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata sejarah, hingga wisata budaya tersebar di seluruh penjuru negeri. 

Saking indah dan uniknya wisata-wisata yang ditawarkan Indonesia, United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan sejumlah wisata di Indonesia sebagai bagian dari Situs Warisan Dunia. Situs Warisan Dunia adalah tempat yang memiliki signifikansi budaya, historis, hingga ilmiah yang dilindungi secara hukum oleh perjanjian internasional. Indonesia sendiri adalah satu negara yang memiliki banyak tempat wisata yang masuk ke dalam Situs Warisan Dunia lho! Penasaran wisata apa saja yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO? Ini dia ulasannya!

1. Candi Borobudur

Foto: goodnewsfromindonesia.id

Candi yang berada di Magelang, Jawa Tengah ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1991. Candi Buddha terbesar di dunia ini menawarkan wisata sejarah dan budaya, yang berpadu dengan panorama pegunungan yang sangat menawan. Dibangun pada abad ke-9, Candi Borobudur memiliki 2672 panel relief dan 504 arca yang indah.

2. Candi Prambanan

Foto: en.wikipedia.org

Serupa dengan Candi Borobudur, Candi Prambanan juga ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991. Candi Hindu terbesar di Indonesia ini terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi yang lekat kaitannya dengan legenda Roro Jonggrang ini mempunyai sekitar 240 candi, seperti Candi Sewu, Candi Bubrah, dan Candi Lumbung

3. Taman Nasional Ujung Kulon

Foto: perfectwavetravel.com

Satu lagi wisata yang ditetapkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1991. Adalah Taman Nasional Ujung Kulon, taman nasional yang secara khusus diperuntukkan untuk habitat hewan langka badak bercula satu. Berlokasi di Provinsi Banten, Taman Nasional Ujung Kulon memiliki lima jenis lanskap alam yang bisa sobatgenz jelajahi, yaitu hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, hutan hujan tropis, dan padang rumput. Disini juga terdapat sejumlah pulau yang terkenal dengan pantai pasirnya yang putih bersih, yaitu Pulau Panaitan, Pulau Handeleum, Pulau Badul, dan Pulau Peucang. 

4. Taman Nasional Komodo

Foto: travel.kompas.com

Situs Warisan Dunia UNESCO juga menetapkan Taman Nasional Komodo di tahun 1991. Berada di Kepulauan Sumbawa, Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Komodo terdiri dari tiga pulau besar, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar. Secara khusus kompleks taman nasional ini diperuntukkan untuk melindungi hewan Komodo beserta habitatnya. Uniknya, Komodo adalah hewan endemik, alias hanya bisa ditemukan di pulau ini lho!

5. Situs Manusia Purba Sangiran

Foto: pariwisatasolo.surakarta.go.id

Situs manusia purba yang berada di Sragen dan Karanganyar ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1996. Ditemukan pada akhir abad ke-19, situs ini menyimpan fosil-fosil manusia purba yang sangat penting bagi ilmu pengetahuan. Selain itu Situs Manusia Purba Sangiran juga menyimpan peninggalan budaya purba lainnya, seperti alat-alat yang terbuat dari batu serta lapisan tanah purba yang menunjukkan perubahan lingkungan alam.

6. Taman Nasional Lorentz

Foto: cnbcindonesia.com

Berada di ujung timur Indonesia, Taman Nasional Lorentz ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1999. Taman Nasional Lorentz merupakan pintu gerbang menuju Puncak Cartenz, yang tidak lain merupakan salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia. Situs Warisan Dunia ini terkenal dengan keunikannya karena terdapat salju dan gletser. Memiliki luas 2.4 juga hektar, Taman Nasional Lorentz memiliki beraneka macam flora, fauna, serta ekosistemnya yang unik dan tentunya wajib untuk dieskplor!

7. Taman Nasional Gunung Leuser

Foto: greenglobaltravel.com

Kaya akan keanekaragaman flora dan fauna, Taman Nasional Gunung Leuser ditetapkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2004. Taman nasional yang berada di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara ini merupakan tempat pengamatan Orangutan Sumatera, rumah bagi gajah Sumatera, serta rumah bagi beragam jenis ikan air tawar. Selain itu, Taman Nasional Gunung Leuser juga menjadi Cagar Biosfer pada tahun 1981. Saking indahnya, aktor papan atas Hollywood Leonardo DiCaprio pernah mengunjungi taman nasional ini lho!

Itu dia wisata-wisata di Indonesia yang ditetapkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Selain ulasan di atas, masih ada beberapa wisata Indonesia lainnya yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia lho, diantaranya Taman Nasional Sembilang, Persawahan di Bali, Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, dan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto. Bagaimana, jadi ingin menjelajahi wisata-wisata yang sudah diakui oleh UNESCO ini?

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done