6 Oleh-Oleh Terkenal Khas Surabaya yang Wajib Dibawa Pulang - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 28 August 2020

6 Oleh-Oleh Terkenal Khas Surabaya yang Wajib Dibawa Pulang

Portalgenz.com – Surabaya memang sangat menarik untuk dikunjungi. Tak hanya untuk bisnis, kota yang menyimpan legenda hiu dan buaya ini juga memiliki berbagai objek wisata yang seru untuk disambangi.

Jika sobatgenz memutuskan untuk berlibur ke Surabaya, tentu harus membawa buah tangan untuk dibawa pulang kan? Tenang saja, Surabaya adalah surganya oleh-oleh. Mulai dari makanan tradisional hingga makanan kekinian, semua bisa kamu bawa pulang sebagai kenang-kenangan untuk dibawa pulang.

Bingung memutuskan oleh-oleh khas Surabaya apa yang wajib dibeli? Tak perlu khawatir, yuk baca ulasan 6 oleh-oleh terkenal khas Surabaya yang wajib dibawa pulang berikut ini!

1. Almond Crispy Cheese

Foto: Facebook (wisata rasa surabaya)

Ini dia oleh-oleh khas Surabaya yang paling kekinian dan populer di kalangan wisatawan. Meski kemunculannya masih terbilang baru, Almond Crispy Cheese berhasil menjadi primadona buah tangan khas Kota Pahlawan ini.

Almond Crispy Cheese adalah camilan manis yang terbuat dari campuran telur, tepung, gula, dan susu bubuk, yang kemudian ditambahkan keju dan kepingan almond sebagai topping. 

Camilan kekinian ini terdiri atas tiga varian rasa utama, yakni original cheese, cokelat, dan green tea, tetapi sekarang sudah memiliki berbagai varian rasa lainnya seperti rasa strawberry, blueberry, dan durian.

Bentuknya yang tipis, lembut di mulut, dan memiliki rasa manis yang pas membuat Almond Crispy Cheese digemari banyak kalangan. Maka tak heran jika camilan satu ini selalu diserbu para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Harga yang dipatok sekitar Rp. 50.000 per kotaknya, meskipun terkadang suka berbeda di tiap toko.

2. Spikoe Resep Kuno

Foto: tokopedia.com

Sobatgenz sudah familiar dengan kue spikoe belum? Spikoe adalah kue lapis khas Surabaya yang terkenal karena memiliki tiga lapis, yaitu kuning - cokelat - kuning. Kue lapis ini memiliki citarasa yang manis dan teksturnya yang lembut seperti bolu.

Di Surabaya, terdapat sebuah toko spikoe legendaris bernama Spikoe Resep Kuno. Nama kuno disini bukan sembarang nama lho, melainkan resep yang digunakan adalah berdasarkan peninggalan zaman Belanda, walaupun tidak sepenuhnya mencotek resep Eropa. Meski memakai resep kuno, tapi semua bahan dan peralatan sudah modern kok, jadi dijamin higienis, aman, dan halal!

Sudah berdiri sejak 1976, Spikoe Resep Kuno tetap eksis menjajakan spikoe dengan rasa yang otentik. Sobatgenz bisa membelinya di Jalan Rungkut Madya No. 41 dengan harga sekitar Rp. 80.000 per satuannya.

3. Suoklat

Foto: wisatabaru.com

Satu lagi camilan yang wajib sobatgenz beli ketika berkunjung ke Surabaya, khususnya bagi kamu pecinta cokelat. Suoklat adalah produk cokelat asli Surabaya yang disukai oleh banyak kalangan. Bahkan saat ini Suoklat sudah menembus pasar luar daerah lho!

Nama Suoklat berasal dari kebiasaan orang Surabaya yang kerap menyebut cokelat dengan soklat. Namun sebenarnya, arti lain dari Suoklat adalah akronim dari “Suroboyo Cokelat”. 

Kerennya, kemasan Suoklat terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan, lho! Bahan pengemasan untuk Suoklah terbuat dari kulit jagung, serbuk bambu, dan eceng gondok.

Pada awalnya, produk Suoklat hanya cokelat batang berisi kacang mete dan kurma. Namun kini Suoklat memiliki berbagai macam varian yang menggiurkan, seperti rasa dark cokelat crispy, milk chocolate crispy, white chocolate crispy, green tea, cappuccino latte, dark kurma mete, dark chocolate cookies mete, cokelat kopi, dan cokelat jahe. 

Sobatgenz tertarik membeli Suoklat sebagai oleh-oleh? Langsung saja berkunjung ke Suoklat Café 3.0 yang berada di Jalan Genteng Besar No. 83D, Kecamatan Genteng.

4. Sambal Udang Bu Rudy 

Foto: goodminds.id

Ini dia salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang paling banyak dicari para wisatawan. Bahkan para wisatawan kerap kali memborong Sambal Udang Bu Rudy sekaligus. Rasa sambal yang khas dan gurih yang berasal dari udang menjadi alasan utama mengapa sambal ini banyak digemari berbagai kalangan.

Sambal legendaris ini terdiri atas beberapa varian, yakni sambal bawang, sambal petis, sambal teri, sambal bajak, dan sambal ijo. Namun kini, Sambal Udang Bu Rudy juga telah mengembangkan bisnisnya dengan menjual makanan-makanan lainnya seperti bandeng presto, bandeng asap, udang crispy, dan ikan crispy.

Meski sudah bisa didapatkan di berbagai toko baik online dan offline, rasanya belum afdol jika belum berkunjung langsung ke cabang terbesarnya yang berada di Jalan Dharmahusada No. 140. Disini, sobatgenz bisa bebas mencoba dan memilih sambal-sambalnya sendiri di depotnya. Harga untuk sebotol sambal pun juga cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp. 20.000 saja.

5. Siropen Telasih

Foto: guideku.com

Tak hanya makanan manis, ibukota Propinsi Jawa Timur ini juga memiliki minuman khas bercitarasa manis dan menyegarkan lho! Adalah Siropen Telasih, minuman sirup yang sudah ada sejak tahun 1923. Sirup legendaris ini pada awalnya dioperasikan oleh seorang warga Belanda, namun kini telah berganti kepemilikan menjadi punya orang Indonesia.

Keunikan dari Siropen Telasih terdapat pada pembuatannya yang tidak menggunakan pemanis buatan sama sekali dan masih dibuat dengan tenaga konvensional. Maka tak heran, citarasa yang khas dari Siropen Telasih selalu terjaga dari dulu hingga kini.

Minuman sirop khas Kota Pahlawan ini terdiri dari beberapa varian rasa, seperti rasa frambosen, mawar, cocopandan, jeruk keprok, vanili, leci, dan melon. Produk Siropen Telasih ini sendiri terdiri menjadi dua jenis, yakni Siropen Telasih dan Siropen Premium. Perbedaannya hanya terletak di pengemasannya. Siropen Telasih memiliki bentuk yang klasik, sedangkan yang premium mempunyai wadah botol eksklusif mirip minuman anggur yang kekinian.

Sobatgenz bisa mendapatkan sebotol Siropen Telasih di tempat produksinya yang berada di Jalan Mliwis No. 5, Krembangan Selatan. Harga yang dijual mulai dari Rp. 35.000 untuk Telasih dan Rp. 50.000 untuk premium.

6. Kerupuk Ikan Kenjeran

Foto: alatmesin.com

Surabaya sejak dulu terkenal karena memiliki hasil laut yang melimpah. Hal inilah yang membuat warga sekitar Pantai Kenjeran untuk mencoba mengolah hasil laut tersebut menjadi aneka kerupuk yang gurih dan lezat. 

Berbagai kerupuk yang diolah warga sekitar Pantai Kenjeran diantaranya kerupuk ikan, kerupuk udang, kerupuk cumi, kerupuk kerang, sampai kerupuk rumput laut. Kerupuk-kerupuk ini dijual dalam keadaan mentah dan siap santap dengan berbagai ukuran. 

Tenang saja, harga yang dibanderol untuk kerupuk-kerupuk ini sangat terjangkau kok, yakni mulai Rp. 15.000 – Rp. 300.000 tergantung jenis kerupuk dan ukuran yang dibeli. Sobatgenz bisa membelinya di sekitar Pantai Kenjeran yang berada di Jalan Raya Pantai Lama, Kenjeran, Bulak.

Itu dia ulasan mengenai 6 oleh-oleh khas Surabaya yang wajib dibawa pulang. Rasanya yang otentik, legendaris, memiliki keunikan tersendiri, dan harganya yang tergolong terjangkau merupakan alasan utama mengapa keenam oleh-oleh ini wajib sobatgenz bawa pulang sebagai kenang-kenangan setelah puas berlibur di Kota Pahlawan.

Share with your friends

2 comments

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done