7 Wisata Alam Populer yang Banyak Diminati Turis Asing - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 14 August 2020

7 Wisata Alam Populer yang Banyak Diminati Turis Asing

Portalgenz.com – Membicarakan keindahan alam Indonesia seakan tidak ada habisnya ya? Mulai dari Sabang sampai Merauke menyimpan pesonanya tersendiri yang selalu memukau bagi siapapun yang melihatnya. 

Mulai dari gugusan gunung yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, beranekaragamnya flora dan fauna lengkap dengan banyaknya varian ekosistem dan vegetasi yang eksotis, hingga kekayaan bawah lautnya yang luar biasa indah. Segala jenis alam dapat ditemukan di tanah air tercinta ini. Maka wajar saja jika Indonesia kerap disebut sebagai surganya wisata alam.

Keindahan alam Indonesia memang sudah tersohor hingga ke mancanegara. Maka tak heran jika banyak sekali wisatawan yang rela datang dari berbagai negara hanya untuk berwisata di Indonesia. 

Dari sekian banyak wisata alam yang dimiliki Indonesia, terdapat 7 wisata alam yang paling banyak diminati oleh para wisatawan asing. Selain karena memiliki panorama alam yang membuat berdecak kagum, wisata-wisata alam ini juga memiliki keunikan dan daya tariknya tersendiri. 

Bisa juga menjadi referensi sobatgenz untuk berlibur di negeri sendiri, berikut ulasan 7 wisata alam populer yang banyak diminati turis asing!


1. Pulau Komodo

Dengan daya tarik utama habitat fauna endemik langka bernama Komodo, Pulau Komodo diakui UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1986. Tak hanya itu, pulau dengan luas sekitar 390 kilometer persegi ini juga berhasil masuk dalam jajaran tujuh keajaiban alam dunia atau New Seven Wonders of Nature pada tahun 2011.

Pulau Komodo berada di kepulauan Sunda Kecil, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Seperti namanya, Pulau Komodo sampai dengan saat ini dihuni sekitar 1700-an Komodo yang hidup berbaur dengan masyarakat sekitar. 

Wisata trekking sembari menyaksikan Komodo yang sedang berburu mangsa atau beristirahat secara langsung memang menjadi wisata primadona di pulau ini. Tetapi, Pulau Komodo juga menawarkan wisata lainnya yang patut untuk dicoba lho, seperti menyelam dan snorkeling.


2. Raja Ampat

Foto: agoda.com

Jika sedang membicarakan wisata favorit yang digandrungi wisatawan asing, wisata alam eksotis Raja Ampat di Provinsi Papua Barat tentu tak boleh ketinggalan!

Kekayaan alam bawah laut Raja Ampat memang sudah tersohor hingga dunia internasional. Maka tak heran bahwa Raja Ampat dikenal sebagai salah satu lokasi menyelam dan snorkeling terbaik di dunia. Bahkan, The Nature Conservancy menyebut bahwa sekitar 75% biota laut dunia dapat ditemukan di perairan Raja Ampat lho!

Tak hanya menyelam dan snorkeling, panorama daratan yang ada di Raja Ampat juga terkenal akan keindahannya. Jika ke Raja Ampat, wajib rasanya untuk menjelajahi pulau-pulau hijau nan eksotis yang ada di Raja Ampat, seperti Pulau Waigeo, Pulai Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Di pulau-pulau ini, sobatgenz juga bisa melihat kehidupan Suku Asmat serta membeli berbagai souvenir yang dijajakan.


3. Taman Laut Bunaken

Foto: bunakendivers.com

Masih seputar wisata bawah laut, masih ada satu wisata lagi yang sangat indah dan populer di kalangan wisatawan asing. Adalah Taman Laut Bunaken, yang terletak di Teluk Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Sejak dulu hingga sekarang, Taman Laut Bunaken terkenal karena keindahan taman bawah lautnya yang unik dan sulit ditemukan di negara lain. Saking unik dan indahnya, Taman Laut Bunaken ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 2005.

Di taman laut ini terdapat 13 jenis terumbu karang yang didominasi oleh bebatuan laut yang eksotis. Uniknya lagi, Taman Laut Bunaken juga memiliki terumbu karang terjal dengan posisi vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25-50 meter. 

Lengkap dengan ratusan jenis ikan yang tersebar di seluruh penjuru taman laut ini membuat Taman Laut Bunaken diakui sebagai salah satu lokasi menyelam terindah di Indonesia.


4. Bali

Foto: timeout.com

Pulau Bali sejak dulu sudah terkenal dengan segudang wisata indah yang berada di tiap sudut pulau. Bahkan Pulau Dewata semakin hari semakin banyak didatangi oleh wisatawan asing yang berasal dari berbagai negara. Hal ini tentu membuktikkan bahwa keindahan alam dan budaya Bali sangat menarik perhatian dunia internasional.

Dari sekian banyak wisata yang ditawarkan oleh Pulau Dewata, wisata yang paling sering dicari oleh wisatawan diantaranya Nusa Penida, Nusa Dua, Pantai Kuta, Pantai Legian, Pura Uluwatu, Pura Tanah Lot, Danau Beratan Bedugul, dan Pedesaan Ubud. 


5. Pulau Lombok

Foto: indonesia-holidays.com

Bergeser ke Nusa Tenggara Barat, terdapat Pulau Lombok yang juga tidak kalah indah dengan Pulau Bali. Panorama alamnya yang eksotis juga sudah tersohor hingga luar negeri. Mulai dari wisata pantai hingga wisata gunung, semuanya digandrungi oleh para wisatawan, baik domestik maupun internasional!

Terdapat banyak wisata alam yang terkenal akan keindahannya di Lombok, salah satunya adalah Gili Trawangan dan Pantai Bangko. Kedua pantai ini menyajikan lansekap yang mengagumkan dengan hamparan pasir putih bersih dan air lautnya yang biru terang. 

Selain itu terdapat Gunung Rinjani, gunung tertinggi kedua di Indonesia yang menjadi salah satu gunung favorit para pendaki. Gunung yang terletak di Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Barat ini menawarkan pemandangan yang sangat memukau, bahkan sejak dari jalur pendakian. 


6. Puncak Jayawijaya

Foto: hipwee.com

Beralih menuju paling timur Indonesia, terdapat sebuah puncak gunung yang memiliki keunikan yang tidak bisa ditemukan di negara tropis lainnya. Yap, Puncak Jayawijaya adalah satu-satunya puncak gunung di Indonesia, bahkan di negara tropis, yang memiliki salju abadi. Puncak gunung yang berada di Papua ini bahkan masuk dalam daftar Seven Summits atau tujuh gunung dengan puncak tertinggi di dunia!

Puncak gunung yang mempunyai nama lain Puncak Cartenz ini masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Lorentz, taman nasional seluas 2.4 hektar yang memiliki beraneka macam flora, fauna, serta ekosistemnya yang unik. Taman nasional yang juga ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1999 ini merupakan pintu gerbang menuju Puncak Jayawijaya ini. 

Jika sobatgenz ingin memacu adrenalin dan mendaki Puncak Jayawijaya ini, sempatkan juga untuk menjelajahi Taman Nasional Lorentz ya!


7. Danau Toba


Foto: primeindonesia.net

Pulau Sumatera juga memiliki wisata alam yang terkenal hingga mancanegara. Adalah Danau Toba, danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara serta terbesar kedua di dunia. Dengan luas sekitar 1145 kilometer persegi, luas danau yang berada di Provinsi Sumatera Utara ini bahkan hampir sama dengan Singapura lho!

Danau Toba selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Bagaimana tidak, danau indah yang dikelilingi oleh panorama alamnya yang mengagumkan, ditambah dengan Pulau Samosir yang berada di tengah danau menjadikan Danau Toba sangat unik dan istimewa. 

Tak hanya itu, terdapat sejumlah objek wisata lain yang wajib dikunjungi di Danau Toba, diantaranya adalah rumah pengasingan Presiden Soekarno, Kampung Siallagan, dan lainnya.

Itu dia 7 wisata alam populer yang banyak diminati oleh wisatawan asing. Dari ketujuh wisata alam ini, wisata apa yang paling ingin sobatgenz datangi? Tuliskan jawabanmu di kolom komentar ya!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done